Tampil Gagah Dengan Harga Murah 200 Juta-an

Tidak ada komentar 146 views

Surabaya,(DOC)PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan medium hatchback All New Yaris untuk pasar Jawa Timur (Jatim). Mobil empat penumpang yang menyasar segmen anak muda ini dibanderol mulai dari yang paling murah varian E M/T seharga Rp224,3 juta, hingga yang paling mahal varian A/T TRD seharga Rp261,3 juta.

Marketing Director PT TAM, Rahmat Samulo mengatakan, harga tersebut merupakan harga promosi. Harga tersebut naik sekitar Rp20 jutaan jika dibanding dengan Yaris generasi sebelumnya. Tapi sebenarnya, kenaikan harga sekitar Rp20 jutaan itu masih sangat kurang. Sebab, seharusnya, dengan fitur dan segala macam perubahan di seri terbaru ini, kenaikan harganya mencapai Rp50-an juta. Namun pihaknya meyakinkan pada prinsipal bahwa, dengan harga yang dipatok sekarang dianggap cukup rasional ditengah kompetisi segmen hatchback yang cukup ketat. “Saya belum dapat memastikan sampai kapan harga promosi ini dan berapa nanti kenaikannya. Kami akan lihat respon pasar nanti seperti apa,” ujarnya, Minggu(23/3/2014).

Rahmat menambahkan, lahirnya Yaris tidak lepas dari kehadiran Toyota Starlet pada rentang 1985-1999 yang menumbuhkan penggemar hatchback Toyota di Indonesia. Kemudian disusul Yaris pada Februari 2006. Sejak pertama kali lahir pada 2006 hingga saat ini, total penjualan Yaris mencapai 27.000 unit. Mobil ini diimpor dari Thailand. Namun, untuk Yaris terbaru ini, diproduksi di dalam negeri melalui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dengan konten lokal 60%. Menurut dia, Toyota senantiasa berupaya menjawab kebutuhan pasar dengan menghadirkan produk yang inovatif serta up to date sesuai dengan kebutuhan pasar. “Kami akan berupaya agar konten lokal nantinya bisa mencapai 80%. Ini merupakan upaya kami untuk menggerakkan industri otomotif di tanah air,” paparnya.

Lebih jauh Rahmat mengungkapkan, All New Yaris mengusung mesin 1NZ-FE 4 silinder 16 Valve DOHC VVT-i berkapasitas 1.497 cc. Tenaga yang dihasilkan 109 PS dengan torsi 14.4 kg.m, memberikan akselerasi dan performa memadai. Sama halnya dengan kakak-kakaknya terdahulu yang mengedepankan unsur Fun dengan tema-tema seperti All About Fun serta Fungressive, All New Yaris pun hendak mengembalikan Fun dalam sebuah Hatchback yang dinamis dan agresif. All New Yaris memiliki total tujuh warna pilihan dengan satu warna baru, yakni Frozen Blue Metallic. Pilihan warna yang tersedia adalah Super White, Silver Metallic, Gray Metallic, Attitude Black Mica, Red Mica Metallic, Orange Metallic dan Frozen Blue Metallic. “Kami akan mulai produksi pada akhir Maret ini. Namun, produksinya untuk dikirim ke diler-diler. Baru pada produksi April, akan kami kirim ke pemesan,” pungkas Rahmat.

Sementara itu, Operation Manager Auto2000 wilayah Jatim, Bali dan Nusa Tenggara, Joen Boediputra mengatakan, perekonomian Jatim sangat bagus. Terlihat selama 2013 pertumbuhan penjualan Toyota mencapai 20% dengan total 2.000 unit per bulan. Selama periode Januari-Pebruari 2014 saja menunjukkan pertumbuhan angka penjualan 16% dengan jumlah sama yakni 2.000 unit per bulan. Sedangkan untuk Yaris, tahun per bulan bisa terjual sebanyak 160 unit. Tahun ini diharapkan bisa tumbuh ke angka 200 unit per bulan. “Saya yakin, dengan banyaknya seri hatchback, maka segmen pasar ini akan tumbuh,” terangnya.(lq/r7)