Tanah Longsor Timbun Jalan Lingkar Salatiga

Longsor di Salatiga.

 

Salatiga (DOC) – Jalan Lingkar Salatiga (JLS) yang melintasi wilayah Bendosari tertimbun material longsor setelah tebing setinggi 25 meter di pinggir jalan ambrol, Jumat (12/1/2018). Akibat longsor ini, arus lalu lintas dari arah Solo dialihkan melalui Kota Salatiga.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Salatiga, Prasetiyo Ichtiarso mengatakan, berdasar laporan yang masuk, longsor terjadi sekira pukul 04.00-05.00 WIB yang menimbun badan jalan.

“Setelah ada info kami langsung kerahkan dua alat berat dan 10 truk untuk membersihkan material longsoran,” katanya.

Adapun tebing yang longsor tinggi sekitar 25 meter dan panjang sekitar 30 meter. Sedangkan untuk kemiringan sekitar 80 derajat. Jalan Lingkar Salatiga ini statusnya jalan nasional.

“Yang terpenting material longsoran di badan jalan bersih. Kalau penanganan selanjutnya pemerintah pusat karena status jalan nasional,” kata dia seraya menyebut pembersihan dilakukan bersama dengan DPU dan DLH.

Sementara itu, Kaur Binops Satlantas Polres Salatiga, Iptu Ibnu Awal Riyanto menambahkan, jalur dari Solo yang menuju JLS ditutup sejak Pertigaan Cebongan. Kemudian dialihkan melalui Kota Salatiga.

“Pengalihan arus dilakukan sejak pukul 06.00 WIB. Jalur dari Solo, kami alihkan hingga pembersihan material longsoran selesai,” katanya.(dtc/ziz)

Tag: