Tanpa TDUP, Hotel Mesum Kenjeran Disegel

Tidak ada komentar 445 views

Surabaya, (DOC) – Maraknya ijin usaha yang disalah gunakan oleh pengelola, membuat Dinas Pariwisata (Disparta) Surabaya bertindak. Malam kemarin (19/9), penginapan Sirkuit disegel petugas Satpol PP Surabaya.

Selain kerap menjadi lokasi bagi pasangan mesum, penginapan yang berada di kawasan Kenjeran Park ini juga tidak mengantongi Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP).

Proses penyegelan berjalan lancar. Kepala Dinas Pariwisata Surabaya Wiwiek Widayati ikut terjun langsung. Petugas bergerak sekitar pukul 22.00 WIB, setelah melakukan apel di Mako Satpol PP Surabaya.

Staff penginapan Sirkuit tak bisa berkutik ketika puluhan personil penegak perda merangsek masuk. Selain melakukan pemeriksaan dari masing-masing kamar, beberapa personil lain segera menyegel bangunan penginapan ini.

Penyegelan dilakukan di pintu pagar masuk penginapan serta pintu lobby. Selain segel, petugas Satpol juga menempelkan surat pemberitahuan terkait alasan penyegelan dilakukan.

“Kalau soal lokasinya (Penginapan Sirkuit, Red) banyak terjaring pasangan mesum itu salah satunya. Tapi penyegelan yang dilakukan lebih bersifat prosedural,” kata Wiwiek.

Diterangkan Wiwiek, berdasarkan Perda Nomor 23 Tahun 2013 Tentang ijin usaha pariwisata, kali ini ada perubahan terkait ijin pariwisata.”Pengelola harus juga mengantongi TDUP. Kalau tidak akan ditindak. Kami meminta bantuan teman-teman Satpol PP,” ujar dia.

Wanita berjilbab itu mengaku pihaknya sudah melakukan sosialisasi terkait TDUP. Selain itu, sudah ada Sepuluh usaha Pariwisata telah mendapat peringatan. Jika melanggar, akan bernasib sama dengan Penginapan Sirkuit.

Sementara, dalam razia yang juga melibatkan sekitar seratus personil Satpol PP dibantu pihak Kepolisian dan Gartap III Surabaya, sebelas pasangan diduga mesum ikut terjaring.

Banyak diantara pasangan tersebut tidak memiliki KTP, maupun status pernikahan tidak jelas dalam Identitas Kependudukan. Selanjutnya, belasan pasangan serta 11 unit kendaraan bermotor dibawa petugas untuk menjalani pemeriksaan di Mako Satpol PP Surabaya.  (ist/r4)