TC Timnas U-19 Habiskan Dana Besar

Tidak ada komentar 162 views

Jakarta, (DOC) – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Joko Driyono, menerangkan jika pelaksanaan program training centre (TC) jangka panjang bagi tim nasional Indonesia U-19 bakal menghabiskan dana besar.
Dikatakannya lagi, jumlahnya tidak berlebihan lantaran skuad asuhan Indra Sjafri tersebut ditargetkan lolos ke final Piala AFC U-19 dan Piala Dunia U-20 New Zealand.
“Biaya tersebut, sudah termasuk agenda uji coba baik dalam dan luar negeri. Bahkan rencananya, terdapat sekitar 20-30 uji coba,” kata Joko.
Dilanjutkannya, dana tersebut cukup besar jika dibandingkan anggaran yang dimiliki Badan Tim Nasional (BTN) pada tahun 2013. Misalnya saja, pada tahun ini BTN diperkirakan mengeluarkan dana Rp25 miliar untuk semua jenjang Timnas, mulai U-14 hingga Timnas senior.
Jumlah tersebut, masih dibagi antara Timnas kelompok umur, U-23 ke SEA Games dan Timnas senior. Untuk Timnas kelompok umur mulai dari U-14 sampai U-19, dipatok Rp10 miliar.
Sebelumnya, Indra Syafri pun telah memilih Kota Batu, Jawa Timur, sebagai TC. Hal tersebut, disampaikan langsung Indra kepada Badan Tim Nasional (BTN) PSSI, di Jakarta.
TC yang baru dimulai Indra pada 9 November mendatang tersebut, akan dibagi dalam tiga tahap TC. Yakni, fase General, Specific dan Pre-Competition. Untuk fase general, Indra memilih lokasi TC di Kota Batu.
Sedangkan untuk fase specific, pelatih asal Padang tersebut lebih senang di UNY, Yogyakarta. Sementara untuk fase pre-competition, homebase tetap di Yogyakarta. Namun, tim juga akan bergerak baik di dalam negeri maupun di luar negeri sebagai rangkaian uji coba dan melakoni turnamen. (bln/r4)