Tekan Angka Golput, KPU Bentuk Relasi

Tidak ada komentar 170 views

Surabaya,(DOC) – Komisi Pemilihan Umum(KPU) kota Surabaya akan merekrut relawan demokrasi(Relasi) yang akan bertugas meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu legeslatif(Pileg) 2014 mendatang.
Program ini akan melibatkan 5 kelompok masyarakat pemilih yang strategis yaitu pemilih pemula, kelompok agama, kelompok perempuan, penyandang disabilitas, dan kelompok pinggiran.
Choirul Anam, Komisioner KPU kota Surabaya bidang sosialisasi menyatakan, anggota Relasi ini hanya berjumlah 25 orang sesuai petunjuk dari KPU RI. Setelah lolos seleksi nanti, para relawan akan dibekali materi untuk disebarkan ke seluruh komunitas yang ada di Surabaya.
“Ya mereka akan dibekali program KPU, karena kita sadar banyak masyarakat yang belum mengetahui,” Jelasnya, Jumat(11/10/2013) siang.
Menurut Anam(panggilan Akrabnya), rekrutmen akan di mulai tanggal 14 sampai 23 oktober 2013 mendatang. Ia berharap dengan berjalannya program Relasi ini, seluruh lapisan masyarakat dari berbagai segment bisa mengetahui seluruh program KPU, sekaligus dapat mempengaruhi para pemilih untuk mengambil hak suaranya, saat Pileg 2014 mendatang.
“Relasi dibentuk memang untuk meningkatkan partisipasi masyarakat untuk mengambil hak pilihnya, sehingga harapan itu sangat besar terutama pada Pileg mendatang, angka golput bisa berkurang,”cetusnya.(r7)