Telapak Kaki Suka Dingin, Kenapa?

Tidak ada komentar 24 views

telapak kaki dingin

Jakarta, (DOC) – Sebagian dari Anda mungkin sering mengalami telapak kaki dingin. Ini mungkin disebabkan oleh hawa dingin di sekitar Anda. Namun, jika Anda merasa ini sering terjadi tanpa penyebab yang jelas, walaupun hawa di sekitar Anda tidak dingin, mungkin ini menjadi tanda dari masalah kesehatan yang serius.

Telapak kaki dingin umumnya disebabkan oleh peredaran darah yang kurang lancar. Hal ini menyebabkan darah yang hangat sulit untuk mengalir sampai ke kaki, sehingga telapak kaki terasa dingin.

Peredaran darah yang tidak lancar ini bisa disebabkan oleh masalah pada jantung. Adanya masalah pada jantung membuat darah sulit mengalir sampai ke seluruh tubuh.

Selain masalah jantung, telapak kaki yang dingin juga bisa menjadi tanda dari penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah, terutama pada kasus anemia berat. Anemia bisa diatasi dengan memperbanyak asupan zat besi, seperti konsumsi daging merah dan bayam.

Telapak kaki dingin juga bisa disebabkan oleh penyakit yang terkait masalah hormon tiroid, yaitu penyakit hipotiroidisme. Penyakit ini menyebabkan tubuh tidak bisa menghasilkan hormon tiroid dalam jumlah cukup sehingga mengakibatkan metabolisme tubuh terganggu. Hal ini kemudian mempengaruhi detak jantung dan suhu tubuh. Sehingga, peredaran darah terganggu dan menyebabkan telapak kaki dingin.

Penyakit Raynaud juga bisa mengganggu peredaran darah ke telapak kaki dan tangan. Biasanya, penyakit ini dipicu oleh kecemasan, stres, dan cuaca dingin, yang kemudian menyebabkan pembuluh darah menyempit. Anda harus menghindari suhu dingin dan memakai sarung tangan untuk mengatasi penyakit ini.

Diabetes juga bisa menjadi penyebab dari telapap kaki dingin. Ini bisa terjadi saat diabetes sudah menyerang saraf, terutama di bagian kaki. Biasanya, ini terjadi saat penyakit diabetes sudah bertambah parah. (and)