Terkait Usaha Travel, Parlemen Palestina Tertarik Wisata Religi Surabaya

Surabaya,(DOC) – Kota Surabaya menarik perhatian anggota parlemen Bethlehem Palestina. Antara Surabaya dengan Kota Bethlehem dan Yerusalem memiliki kesamaan terkait keberadaan obyek dan daya tarik wisata (ODTW) religi.

Di Surabaya ada makam Sunan Ampel, salah satu Wali Songo yang menyebarkan Islam. Di Yerusalem ada masjid Al Aqsa serta gereja-gereja. Sedangkan di Bethlehem terdapat gereja tempat lahirnya Yesus Kristus, tembok ratapan dan lainnya.

Selama kunjungan di Jatim untuk membangun kerjasama dengan para pastur dan imam dibidang usaha travel, Maher Canawati anggota Parlemen Bethlehem Palestina ini menyempatkan bertandang ke Surabaya. Dia yang didampingi oleh kerabatnya yang juga anggota DPRD Surabaya Rio Pattiselano berharap, agar banyak warga Indonesia, utamanya Surabaya bertandang ke Palestina, terutama Bethlehem sebagai kota kelahirannya.

“Saya datang untuk mengenalkan kota Bethlehem ke warga Kota Surabaya. Karena ada persepsi sulit masuk Bethlehem bagi warga Indonesia. Ada hubungan baik Indonesia-Palestina. Kami dorong warga Indonesia datang, khususnya dari Surabaya,” kata Maher di ruang kerja Moch Machmud Ketua DPRD Surabaya.

Ketika Yasser Arafat menjabat presiden Palestina, kata Maher, memiliki salah seorang istri kristiani. Yasser Arafat mengeluarkan kebijakan agar wali kota, wakil wali kota serta parlemennya dipegang di Bethlehem dipegang umat kristiani.

Ketua DPRD Moch Machmud, saat menerima anggota parlemen Bethlehem Palestina bersama Walikota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, Surabaya adalah satu-satunya Kota Pahlawan di dunia. Machmud juga minta Maher sekembalinya ke negaranya bisa mempromosikan Surabaya . Potensi-potensi obyek dan daya tarik wisata yang ada.

Informasinya, Maher memiliki usaha travel di negaranya dan akan mengembangkannya di Indonesia. Bahkan kabarnya, Rio Pattiselano selaku sekretaris Komisi B, yang membawa Maher menemui pimpinan dewan, memiliki hubungan kerja terkait biro perjalanan itu di Surabaya. (NN/R7/R4)