Tetap Ngotot Minta Gaji, Sekwan Kebingungan

Tidak ada komentar 108 views

Surabaya,(DOC) – Aturan KPU yang mensyaratkan seorang caleg harus mengundurkan diri dari anggota legeslatif jika sudah pindah partai, nampaknya dianggap hanya sebagai formalitas belaka.
Hal ini terbukti dengan sikap beberapa anggota DPRD Surabaya yang tetap ngotot meminta gaji, meski telah menyerahkan surat pengunduran dirinya ke KPU dan siap maju menjadi caleg dari partai lain.

Sekretariat dewan kota Surabaya sempat bingung menghadapi persoalan ini, meski pada akhirnya mereka terpaksa mengeluarkan gaji 4 anggota dewan yang sudah pindah partai.

ke empat anggota dewan tersebut yaitu, Imanuel Lumondong asal FPDS, Rio Patisilano asal FPDS, Simon Lekatompessy asal FPDS dan Camelia Habibah asal PKNU.

Para anggota dewan tersebut, mempunyai alasan bahwa dirinya masih sah menjadi anggota dewan karena Gubernur belum menyetujui usulan pengunduran dirinya sebagai anggota DPRD Surabaya.

Ahmad Suyanto Wakil ketua DPRD Surabaya, sempat berdialog dengan sekwan yang merasa ragu untuk mengeluarkan gaji ke-empat anggota dewan yang telah mengundurkan diri dari partainya tersebut.

“meski telah menyatakan pengunduran diri dari partainya, tetapi menurut saya mereka memang masih sah menjadi anggota dewan, karena belum ada pencabutan SK dari Gubernur soal keanggotaanya, tetapi soal pembayaran gaji memang menjadi wewenang Sekwan sebagai kuasa pengguna anggaran,” terang Suyanto di ruang kerjanya.

Sementara itu, Kassubag Perundangan Sekretariat DPRD Surabaya, Emanuel Playtuka mengaku ragu untuk mencairkan hak gaji ke empat anggota dewantersebut.

“Kami ini akan melaksanakan apa saja jika memang sesuai aturan, ini semua hanya kami lakukan karena unsur kehati-hatian kami dalam mempertangung jawabkan penggunaan anggaran yang bersumber dari APBD, karena kami juga punya pengalaman buruk dari anggota dewan periode sebelumnya,” ucap Eman panggilan akrabnya.

Secara terpisah, Edward Dewaruci salah satu komisioner KPU Surabaya membenarkan bahwa empat anggota dewan yang dimaksud telah mengisi blangko pernyataan pengunduran diri dari partainya yang lama. Kini ke 4 anggota dewan itu, telah terdaftar sebagai caleg dari partai yang berbeda.

“ke empat anggota dewan itu telah mengisi form pernyataan pengunduran diri dari partai sebelumnya, dan kini telah terdaftar sebagai caleg dari partai lain, tetapi soal gaji tidak ada hubungannya dengan KPU(red). Jika sekwan DPRD kota Surabaya ingin meminta data itu, kami akan layani mereka dengan sebaik-baiknya,” jawab Edward saat dihubungi via ponselnya, Minggu,(6/5/2013).(R7).