D-ONENEWS.COM

Ticket KA Tujuan Jakarta Dan Bandung Ludes Sampai H+7

mudik_pasarturiSurabaya,(DOC) – Arus  Balik penumpang  Kereta  Api  dari Daerah Operasional(Daops) VIII Surabaya pada H+2, Sabtu(9/7/2016) mencapai 37 ribu. Jumlah penumpang tersebut tersebar di  52 stasiun yang di Daop VIII.
Humas PT KAI Daop VIII Surabaya Suprapto mengatakan, dari sejumlah penumpang yang balik tersebut, sekitar 9 ribu penumpang dari Stasiun Gubeng. “Kebanyakan didominasi kereta jarak jauh kelas Eksekutif dan Bisnis,” tuturnya.
Suprapto menambahkan, untuk jarak jauh, sebagian besar  tujuan para penumpang yang menggunakan moda transportasi kereta api  dari Surabaya  mengarah ke Jakarta dan Bandung.
“Sedangkan untuk yang lokal, yakni Malang, Mojokerto, Blitar dan Banyuwangi,” paparnya.
Meski jumlah penumpang yang balik cukup besar, puncak arus balik diperkirakan terjadi pada H+3(10/7/2016).
Ia mengungkapkan, tiket  kereta api untuk beberapa jurusan habis terjual. Menurutnya, kondisi tersebut terjadi, karena para penumpang lebih banyak menggunakan fasilitas pemesanan secara on line. “Tiket kereta api  H+1 (8/7) hingga H+7 (14/7) untuk jurusan Surabaya – Jakarta dan Surabaya – Bandung habis,” ungkapnya.
Suprapto mengatakan, pelayanan via on lien tujuannnya untuk memudahkan masyarakat, agar tak lama antre di loket. meski ia mengakui, pihak PT KAI  juga menyediakan pelayanan pemesanan tiket di loket yang disediakan di masing-masing stasiun.
“Pembelian langsung 24 Jam, tapi bukanya 1 jam sebelum kereta datang atau berangkat,” paparnya.
Namun demikian, Humas PT KAI Daop VIII ini menghimbau masyarakat agar menggunakan layanan on line, karena jumlah permintaan dan penawaran tak seimbang. “Siapa cepat, dia dapat,” katanya.
Suprapto mengatakan, untuk mengetahui informasi tentang ketersediaan tiket kereta api, masyarakat bisa menghubungi call center di (021) – 121.
Sementara, pantauan di Stasiun Pasar turi Surabaya, para calon penumpang dari dalam kota maupun luar Kota terus berdatangan sejak pagi hari. Sembari menunggu keberangkatan kereta , sebagian penumpang yang berada di luar ruang tunggu terlihat  duduk-duduk di lantai teras stasiun.  Sejumlah orang yang berkeinginan balik dengan membeli tiket langsung di loket stasiun juga terpaksa balik, karena seat untuk sejumlah kereta api  penuh. Sayang, untuk mendapatkan data arus balik,  Kepala Stasiun Moedji sulit ditemui dengan alasan sibuk.
“Bapak gak bisa ditemui, karena sibuk,” ujar salah seorang petugas KAI Stasiun Pasar turi di pintu masuk kelas ekonomi
Ia meminta, untuk mendapatkan data arus balik datang ke Humas Daop VIII di Stasiun gubeng.(k1/r7)
 

Loading...