Tiga Orang Komplotan Curas Dibekuk Jatanras Polda Jatim, Modusnya Ngaku Ulama

ilustrasi

Surabaya,(DOC) – Tiga orang pelaku pencurian dan kekerasaan (Curas) asal Pasuruan Jawa Timur dibekuk oleh tim Jatanras Polda Jatim.

Tiga orang tersebut bernama Yazid, Yusuf dan Samsul yang merupakan warga Kraton dan Kejayaan Pasuruan.

Dalam memangsa korbannya, komplotan ini selalu memakai kedok ulama, hingga korban menyerahkan barang – berang berharganya.

”Samsul yang menjadi ulama dengan memberikan tausyiah ke korban. Sementara Yusuf tugasnya bertanya ke calon korban dan Yasid sebagai sopir,” ungkap Kombes Pol. Agung Yudha Wibowo, Direskrimum Polda Jatim, Rabu(29/11/2017) kemarin.

Modus operandinya, lanjut Kombes Pol Agung, Yusuf yang mencari mangsa untuk berpura-pura tanya alamat kepada calon korban. Kemudian korban diberikan tausyiah oleh Samsul supaya bersedia menyerahkan barang-barang berharganya berupa perhiasan.

“Kalau korban tak mau menyerahkan, maka pelaku ini langsung merampasnya. Mereka juga mengaku sudah keliling kemana-mana dan jumlah korbannya tak sedikit,” imbuhnya.

Aksi komplotan Curas ini sebelumnya sempat menjadi viral di sosial media (Sosmed) karena terekam kamera CCTV saat memperdayai salah satu korbannya di Jember Jawa Timur.(hd/r7)