Tiga Tahun, Dana Cukai Rokok Menguap

Tidak ada komentar 205 views

Surabaya (DOC) – Dana cukai rokok yang diperoleh Pemkot Surabaya tidak jelas peruntukkannya. Tahun 2013 ini, Pemkot Surabaya mendapat dana bagi hasil cukai rokok Rp 27 miliar. Sementara pada 2012 mendapat Rp 20 miliar dan tahun 2011 mendapat Rp 16 miliar.

Anggota Lembaga Pengawas Anggaran Indonesia (LPAI), Ismet Rama mengatakan, selama kurun waktu tiga tahun tersebut, penggunaan dana bagi hasil cukai rokok tidak jelas. Menurutnya, Pemkot Surabaya harus bersikap transparan terkait penggunaan dana bagi hasil rokok tersebut.

”Kampanye antirokok di tempat umum gencar dilakukan, sementara penggunaan dana bagi hasil cukai rokok untuk mendukung program tersebut tidak jelas arahnya,” kata dia.

Ismet menambahkan, sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK), penggunaan dana bagi hasil cukai rokok harus sesuai dengan aturan. ”Apabila tidak, maka itu tidak dibenarkan,” katanya.

Salah satu pemanfaatan yang dibenarkan adalah mendukung kampanye bebas asap rokok seperti membangun tempat-tempat khusus merokok di tempat umum. ”Faktanya, mana ada di kantor-kantor, di tempat umum berdiri ruang-ruang khusus merokok, terus dikemanakan uangnya,” ujar dia.(r3)