Tim COE MONUSCO Cek Peralatan Kontingen Garuda Kongo

Kongo, (DOC) – Peralatan dan perlengkapan Kontingen Garuda (Konga) XX-J/ MONUSCO (Mission de I’Organisation de republic des Nation Unies Pour la Stabilisation en Republique Democratique du Congo) / Satgas Kizi TNI diperiksa oleh Tim COE (Contingent Owned Equipment) MONUSCO, bertempat di Bumi Nusantara Camp, Dungu, Kongo, Senin (28/10/2013).
Kedatangan 4 personel Tim COE Monusco yang dipimpin Mr. Bikas Sen dari Nepal, diterima langsung oleh Wakil Komandan Konga XX-J/Monusco, Mayor Czi Ilham yang didampingi Perwira Seksi Logistik Kapten Czi Hanif Tupen selaku koordinator dalam kegiatan pemeriksaan ini beserta seluruh Perwira Staf.
Kegiatan triwulanan ini digelar dengan tujuan untuk memeriksa kesiapan operasional peralatan dan perlengkapan Kontingen Garuda XX-J setelah digunakan dalam kurun waktu dari bulan Agustus sampai dengan Oktober.
Ini adalah kali keempatnya, Satgas Kizi TNI menerima inspeksi atau bisa dikatakan untuk terakhir kalinya, dikarenakan misi perdamaian PBB untuk Kontingen Garuda XX-J/Monusco akan berakhir di penghujung tahun ini. Sebelumnya, Tim COE menginspeksi peralatan dan perlengkapan satgas pada bulan Agustus yang lalu.
Rangkaian inspeksi diawali dengan paparan singkat Perwira Seksi Logistik Kapten Czi Hanif Tupen tentang kondisi peralatan dan perlengkapan yang dimiliki oleh Satgas Kizi TNI, dilanjutkan dengan pemeriksaan alat perlengkapan yang berada di Bumi Nusantara Camp maupun di beberapa lokasi pekerjaan seperti lokasi rehabilitasi jalan Dungu-Ngilima dan perbaikan jembatan Moke. Obyek yang diinspeksi meliputi pemeriksaan perlengkapan perorangan (self-sustainment) dan beberapa alat utama Satgas (major equipment).
Bertepatan dengan kegiatan tersebut, Kontingen Garuda XX-J/Monusco baru menerima beberapa jenis peralatan baru yang datang dari Indonesia, diantaranya, prime mover, dozer, backhoe loader, automobile ford ranger 4×4 dan generator set. Hal ini mendapat tanggapan yang positif dari tim pemeriksa. Dihadapkan dengan pekerjaan yang semakin padat, alat yang baru ini diharapkan mampu membantu pekerjaan yang dihadapi oleh Satgas Kizi TNI.
Hasil penilaian disampaikan Tim COE pada saat briefing seusai pelaksanaan inspeksi, bahwa peralatan dan perlengkapan yang dimiliki Kontingen Garuda XX-J mendapatkan kategori lulus sesuai dengan standar yang ditetapkan. Kegiatan yang berlangsung dari pagi hingga siang itu berjalan dengan lancar dan tertib. (puspen/r4)