Tim COE Monusco Periksa Peralatan Operasional Konga XX-J

Kongo, (DOC) – Tim COE (Contingent Owned Equipment) MONUSCO (Mission de I’Organisation de republic des Nation Unies Pour la Stabilisation en Republique Democratique du Congo) menggelar pemeriksaan kesiapan peralatan operasional terhadap materiil, perlengkapan, persenjataan dan kendaraan Kontingen Garuda (Konga) XX-J/Monusco atau sering disebut Satgas Kizi TNI / IEO (Indonesia Engineering Company) di Bumi Nusantara Camp, Dungu, Kongo, Selasa (13/8/2013).
Kedatangan 4 personel Tim COE Monusco yang dipimpin Mr. Bikas Sen dari Nepal, diterima langsung oleh Dansatgas Konga XX-J/Monusco, Letkol Czi Irfan Siddiq yang didampingi Perwira Seksi Logistik Kapten Czi Hanif Tupen selaku koordinator dalam kegiatan pemeriksaan ini beserta seluruh Perwira Staf.
Untuk ketiga kalinya, kegiatan triwulanan ini digelar dengan tujuan untuk memeriksa kesiapan operasional peralatan dan perlengkapan Konga XX-J/Monusco setelah digunakan dalam kurun waktu dari bulan Mei sampai dengan Agustus, dimana sebelumnya Tim COE menginspeksi peralatan dan perlengkapan tersebut pada bulan Mei yang lalu.
Rangkaian inspeksi diawali dengan paparan singkat Perwira Seksi Logistik Kapten Czi Hanif Tupen tentang kondisi peralatan dan perlengkapan yang dimiliki oleh Konga XX-J/Monusco, dilanjutkan dengan pemeriksaan alat perlengkapan yang berada di Bumi Nusantara Camp maupun di beberapa lokasi pekerjaan seperti lokasi rehabilitasi jalan Dungu-Ngilima dan perbaikan jembatan Moke. Obyek yang diinspeksi meliputi pemeriksaan perlengkapan perorangan (self-sustainment) dan beberapa alat utama Satgas (major equipment).
Hasil penilaian yang disampaikan oleh Mr. Bikas Sen pada saat briefing seusai pelaksanaan inspeksi, bahwa peralatan dan perlengkapan yang dimiliki Konga XX-J/Monusco mendapatkan kategori lulus sesuai dengan standar yang ditetapkan. Namun demikian, ada beberapa kendaraan yang harus mendapat perhatian khusus, mengingat kondisi peralatan yang memang sudah memasuki usia tua. Hal ini, mendapat tanggapan serius karena berkaitan dengan keselamatan kerja para prajurit di lapangan.
Di akhir inspeksi, Mr. Bikas Sen beserta rombongan menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI yang telah bekerja dengan baik dan profesional. Walaupun ada beberapa peralatan yang dimiliki Kontingen Garuda telah melebihi batas usia pakai, tetapi hal tersebut tidak menyurutkan semangat dan kinerja anggota Konga XX-J/Monusco untuk senantiasa memberikan pengabdian yang terbaik dalam menjalankan misi perdamaian di Kongo. (r4)