Tim Tuan Rumah Malaysia Habisi Laos 4 – 1

Tidak ada komentar 91 views

Kuala Lumpur , (DOC) – kehebatan Malaysia pada laga kedua penyisihan grup B AFF Cup di Stadion Bukit Jalil, Rabu (28/11/2012) di pertontonkan saat menghadapi Laos. Empat gol sekaligus berhasil dicetak dikandang Malaysia ke gawang Laos.

Tim tuan rumah ini, bermain cukup impresif dan gol – gol Malaysia diciptakan oleh Safiq Rahim, Safee Sali, Wan Noor, dan Mohd Khyril.

Dalam pertandingan kali ini, Laos hanya bisa mencetak satu gol melalui Khonesavanh Sihavong pada babak pertama.
Skor akhir 1-4 untuk kemenangan Malaysia, membuat tim tuan rumah naik ke posisi kedua dengan 3 poin, menyingkirkan Singapura karena kalah unggul produktivitas gol.

Sementara, Laos harus mendiami dasar klasemen sementara Grup B dengan raihan satu poin hasil imbang lawan Indonesia di laga pertama. Posisi pertama sendiri ditempati oleh Indonesia yang pada laga sebelumnya berhasil mengalahkan Singapura 1-0.

Mulai awal Babak Pertama berlangsung, Malaysia langsung menyerang pertahanan Laos, yang akhirnya membuahkan gol pertama dimenit 16, lewat tendangan bebas Safiq Rahim. Sebelumnya wasit memberikan tendangan bebas ke Malaysia karena striker Malaysia dijatuhkan di luar kotak penalti.
Safiq yang menjadi eksekutor tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dan dengan baik melejitkan bola ke gawang Laos yang dikawal oleh Kiper Bounthisanh.

Saat skore 0-1 untuk kemenangan Timnas Malaysia, Laos sempat melakuakan serangan balik hingga mendekati pinalti tuan rumah, namun sayang dipatahkan sebelum mencapai daerah berbahaya.

Dimenit ke 26 pertandingan babak pertama, Malaysia hampir menggandakan keunggulan menjadi 0-2, lewat tendangan Norshahrul dari sisi kanan. Namun bola tak menyamping ke sisi gawang Laos.

Malaysia yang terus melakukan penyerangan, membuat sedikit lengah pertahanannya. Di menit 39, Laos berhasil memanfaatkannya dengan menyerang balik yang membuahkan gol balasan.

Umpan dari tengah lapangan, dimanfaatkan oleh Khonesavanh Sihavong dengan tendangan dari luar kotak penalti. Kiper Malaysia – Farizal nampaknya kesulitan membaca arah bola yang berubah arah karena terkena pemain belakang Malaysia.

DI awal babak Kedua, kedudukan masih imbang 1-1, namun kali ini Laos mulai menemukan ritme permainannya dan mencoba menerobos ke daerah pertahanan lawan.
Sayangnya, hasil serangan Laos masih tetap sama seperti babak pertama, dimana Malaysia lebih unggul dalam penguasaan bola dibandingkan Laos, sehingga bisa dengan mudah membalikkan keadaan. Saat Safee Sali dkk melakukan serangan balik, barisan belakang Laos langsung kualahan.
Melalui serangan dari sektor kanan di menit ke 67, usaha para pemain Malaysia pun membuahkan gol kedua , kali ini tercipta lewat operan dari Wan Zack Haikal bin Wan Noor yang dimanfaatkan Safee saat sendirian. Tanpa dikawal dengan mudah Safee melepaskan tendangan dari depan mulut gawang Laos.

Unggul 2-1 membuat kesebelasan Malaysia semakin impresif dalam permainannya. gol ketiga sukses dicetak lewat sundulan Wan Zack Haikal bin Wan Noor usai memanfaatkan operan dari Subramaniam Kunanlan. Kebobolan tiga kali, menjadikan tim Laos semakin terberdaya dan harus rela menerima gempuran para pemain Malaysia. Permainan tim Laos yang di kapeni oleh Sayavuthi , hanya terhenti di tengah lapangan saja.
Memasuki menit ke-80, Malaysia memastikan pesta gol pada laga kali ini dengan mencetak gol keempatnya. Kali ini giliran Mohd Khyril Muhymeen yang berhasil memaksa kiper Bounthinsanh memungut bola dari gawangnya sendiri.
Skor 1-4 untuk kemenangan Malaysia ini bertahan hingga jalannya pertandingan babak kedua berakhir.

Laos: Bounthisanh, Souksavanh, Vongchi, Lithideth, Phapho, Sysomvang, Sihavong (Vilayout Sayyabounsou’54), Syvilay (Saynakhonevieng Phommapanya ’76), Sayyaboun, Namthavixay, Sayavuthi

Malaysia: M. Farizal, Mahalli, M. Aidil, Safiq, Norshahrul (Baddrol Bakhtiar;82), Safee Sali (Mohd Khyril Muhymeen ’78), M. Azmi (Mohd Zubir bin Mohd Azmi’46), Kunanlan, M. Shakir, Wan Zack, M. Fadhli. (oz/r-7)