Timnas Habisi Kyrgyzstan 4-0

Tidak ada komentar 133 views

Jakarta,(DOC) – Timnas Indonesia meraih hasil positif sebelum bertolak ke China untuk melakoni partai ke-empat kualifikasi Piala Asia 2015 pada 15 November 2013 mendatang. Dalam partai uji coba melawan Kyrgyzstan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat(1/11/2013) malam, Indonesia menang dengan gol terbanyak 4-0.
Ini kemenangan terbesar Indonesia pertama setelah pada 26 September 2012, mengalahkan Brunei Darusssalam 5-0. Sementara itu, kemenangan ini merupakan yang kedua kali diraih Merah-Putih, setelah menundukkan Filipina 14 Agustus 2013, dengan skor 2-0. Lima laga sebelum menang atas The Azkals, perjuangan Indonesia selalu berakhir dengan kekalahan.
Pada laga ini, Indonesia berhasil memanfaatkan kebugaran fisik dibanding Kyrgyzstan yang tiga hari sebelum bertolak ke Jakarta, masih melakoni laga kompetisi di negaranya. Ini terbukti dengan kemampuan Merah-Putih lebih banyak menguasai bola sepanjang laga.
Pada babak pertama, Indonesia yang mempercayakan lini depan kepada Samsul Arif dan Zulham Zamrun, banyak melakukan tusukan-tusukan sayap. Kecepatan kedua pemain ini sulit diimbangi para pemain belakang tim tamu.
Setelah beberapa kali mengemas peluang, Indonesia akhirnya membuka kran gol melalui kaki Zulham. Yang menerima sodoran bola dari Samsul yang bergerak di sayap kiri. Gol pada menit ke 28 itu semakin melecut para punggawa Garuda untuk meningkatkan intensitas serangan.
Sementara Kyrgyzstan lebih mengandalkan serangan balik. Tercatat hanya dua peluang yang didapat Akhlidin Israilov dan rekan.Salah satu peluang terbaik Kyrgyzstan pada babak ini ketika Israilov melepaskan tembakan keras. Bolanya masih bisa ditepis kiper I Made Wirawan.
Indonesia kembali menambah gol melalui duet Samsul- Zulham. Dua pemain yang terbilang muda di tim senior Indonesia ini melakukan kerja sama satu-dua untuk mengoyak jala kiper Pavel Matiash. Zulham mencetak gol setelah lolos dari kawalan dan melakukan gerak tipu saat berhadap-hadapan dengan Matiash. Keunggulan 2-0 ini bertahan hingga turun minum.
Pada babak kedua, Indonesia nampak semakin solid mengobrak-abrik pertahanan tim tamu. Namun, pelatih Jacksen Tiago coba mengubah formasi di lini depan dengan menarik keluar Samsul dan Zulham dan memasukan Titus Bonai dan Boaz Solossa. Beberapa pemain juga diganti pada paruh kedua ini.
Indonesia yang mendominasi penguasaan bola baru bisa menambah keunggulan pada menit 66 melalui Titus Bonai, yang melakukan tembakan terarah ke pojok gawang Kyrgyzstan. Sebelumnya, Indonesia juga meraih peluang dari Raphael Maitimo. Sayang meski berdiri bebas, sundulannya masih menyamping ke gawang tim yang berperingkat 150 dunia ini.
Ahmad Jufriyanto, menggenapkan keunggulan Indonesia pada menit 70. Memanfaatkan umpan dari sepakan penjuru. Jufriyanto melesakkan gol dengan meneruskan bola yang disundul Raphael Maitimo.
Setelah unggul empat gol, Indonesia masih mendapat beberapa peluang, salah satunya dari Boaz Solossa di masa injury time. Namun tembakannya masih bisa ditepis kiper Kyrgyzstan. Hasil 4-0 ini bertahan sampai peluit panjang dibunyikan.(oz/r7)
Catatan 7 Pertandingan terakhir
Indonesia 1-1 China
Indonesia 2–0 Filipina
Indonesia 0-3 Belanda
Indonesia 1-2 Arab Saudi
Irak 1-0 Indonesia
Jordan 5-0 Indonesia
Malaysia 2-0 Indonesia