Timnas Indonesia Tumbangkan Timnas Filipina 8-0 di Piala AFF U-16

Sidoarjo,(DOC) – Dipertandingan Piala AFF U-16 yang berlangsung di stadion Gelora Delta Sidoarjo, Minggu(29/7/2018) malam,  Timnas Indonesia berhasil menundukkan Filipina dengan skore 8-0.

Pada menit kedua babak pertama, Mochammad Supriadi mencetak gol pertama untuk Timnas Indonesia dengan memanfaatkan umpan silang mendatar dari Bagas Kaffa dan langsung membobol gawang Filipina yang kosong.

Diawal pertandingan dominasi para pemain Indonesia memang nampak terlihat yang merepotkan pertahanan Filipina.

Serangan pemain sayap yang sering diperagakkan oleh timnas Indonesia dengan kombinasi umpan terobosan dan silang, nampaknya cukup ampuh untuk menambah gol ke gawang Filipina.

Terbukti beberapa menit gol pertama tercetak, taktik sepak pojok timnas Indonesia membuahkan gol kedua yang dicetak oleh bek tengah Komang Teguh. Berikutnya gol ketiga tercipta lewat tandukan kepala Fajar Fathur Rohman.

Gol keempat lahir dimenit ke-44 yang juga dihasilkan dari tandukan kepala Sutan Diego Zico, setelah sukses membaca arah bola ke tiang jauh berkat umpan David Maulana.

Timnas Indonesia yang memakai skema formasi 4-3-3 sempat menurunkan serangan di menit awal babak kedua.

Pada menit ke-56, pemain yang baru masuk, Rendy Juliansyah berhasil mencatatkan namanya di papan skor memanfaatkan umpan matang Mochamad Supriadi di sisi kanan pertahanan Filipina yang sedikit melakukan penetrasi. Dengan mudah Rendy menceploskan bola ke dalam gawang Filipina sebagai gol kelima untuk Indonesia.

Dimenit ke-62, Rendy mampu menerebos pertahanan Filipina dan terpaksa dijatuhkan di kotak terlarang hingga membuahkan hadiah pinalti. Eksekutor tendangan pinalti dilakukan oleh David Maulana yang membuahkan hasil gol ke enam untuk timnas Indonesia di menit ke-64.

Gol berikutnya terjadi pada menit ke-67, diawali dengan skema serangan balik, Rendy lepas dari penjagaan lini belakang Filipina dan langsung mengirim umpan ke depan gawang tempat Bagus Kahfi berada. Bagus dengan dingin menaklukkan kiper Filipina lewat tendangan mendatar.

Dimenit ke-73 Bagus Kahfi kembali menambah gol untuk Indonesia yang meneruskan umpan dari Bagus Kaffa. Kemenangan 8-0 untuk timnas Indonesia bertahan sampai akhir pertandingan.

Dengan hasil ini, timnas Indonesia mengumpulkan 3 poin dan berada di papan atas klasemen grub Piala AFF U-16. Selanjutnya, Indonesia akan bertanding melawan Myanmar yang akan berlangsung Selasa(31/7/2018) lusa.(cn/r7)