Timnas Indonesia U-19 Cukur Timor Leste 5-0

foto : laga Timnas U-18 saat melawan Brunei

Korea Selatan, (DOC) – Tim nasional (Timnas) Indonesia U-19 berhasil menghajar Timnas Timor Leste dengan skor besar, 5-0 pada laga kedua grup F Pra-Piala Asia U-19 2018 yang digelar di Stadion Paju, Korea Selatan, Kamis (2/11/2017).

Kemenangan ini membuat Indonesia sementara memuncaki klasemen grup F dengan enam poin. Sedangkan ini menjadi kekalahan kedua Timor Leste, mengingat di laga perdana mereka juga takluk dari Malaysia dengan skor 3-1.

Tiga gol Timnas Indonesia disumbang oleh Egy Maulana Vikri.

Indonesia lebih dulu mengancam pada menit ketiga. Eksekusi tendangan bebas Muhammad Iqbal mengarah ke gawang namun hanya menghasilkan sepak pojok karena dapat ditepis penjaga gawang Fernando Da Costa.

Rapatnya pertahanan Timor Leste membuat Indonesia kesulitan mencari celah di menit-menit awal. Hingga 15 menit laga berlangsung tak ada peluang matang tercipta.

Timor Leste sempat mengancam lewat skema tendangan bebas. Eksekusi umpan Yohanes Kapitan dilanjutkan sundulan Ervino Alessandro Soares. Aqil Savik mampu menepis bola dan mengamankan gawangnya dari kebobolan.

Dua menit berselang kemelut di depan gawang Timor Leste nyaris menghasilkan gol untuk Indonesia. Sayangnya sepakan akhir Asnawi Mangkualam masih mampu diblok pemain lawan.

Timor Leste berbalik mengancam lewat sepakan Yohanes Kapitan. Memanfaatkan bola sapuan bek Indonesia yang tak sempurna, Yohanes melepaskan tendangan voli, tetapi melebar di kiri gawang Indonesia.

Indonesia lagi-lagi menekan pada menit ke-22. Giliran Luthfi melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Lagi-lagi tak ada gol karena bola melambung tipis di atas gawang Timor Leste.

Menit ke-38 upaya Indonesia juga tak menemui hasil. Eksekusi tendangan bebas Muhammad Luthfi hanya membentur mistar gawang Timor Leste.

Hingga wasit meniup peluit turun minum tak ada gol tercipta. Skor sementara tetap 0-0.

Pada babak kedua, tepatnya menit ke-51, akhirnya Indonesia memecah kebuntuan. Pemain pengganti Saddil Ramdani melepaskan tendangan keras dengan kaki kirinya dari luar kotak penalti. Bola menghujam deras ke sisi kanan gawang dan tak mampu dijangkau Fernando Da Costa. Skor 1-0.

Tujuh menit kemudian Indonesia menciptakan peluang lagi. Muhammad Luthfi melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, namun bola melambung terlalu tinggi.

Upaya Indonesia menggandakan kedudukan akhirnya menemui hasil pada menit ke-60. Usai melakukan kontrol bola ke kotak penalti, striker Hanis Saghara melepaskan tendangan tajam ke sudut kanan gawang Timor Leste. Bola tak dapat dibendung penjaga gawang Fernando Da Costa dan kedudukan pun berubah menjadi 2-0.

Sembilan menit kemudian Rifad Marasabessy ikut mengancam pertahanan Timor Leste. Bek sayap asal Madura United itu mengirim sepakan jarak jauh, tetapi bola masih dapat dimentahkan penjaga gawang Fernando Da Costa.

Tujuh menit jelang pertandingan usai, Indonesia memperlebar jarak lewat pemain bintang yang baru masuk pada babak kedua, Egy Maulana Vikri. Usai menerima umpan terobosan yang dikirim Feby Eka Putra, Egy yang lolos dari penjagaan di kotak penalti menceploskan bola ke sisi kanan gawang dan mengubah skor menjadi 3-0.

Seolah tak puas dengan keunggulan tiga gol, Indonesia kembali membobol gawang lawan pada menit ke-86. Lewat sebuah eksekusi tendangan bebas, Egy Vikri Maulana menendang bola ke sudut kanan bawah gawang Timor Leste. Bola tak kuasa dihalau penjaga gawang Fernando Da Costa.

Egy lantas melengkapi capaiannya menjad Hattrick semenit berselang. Umpan akurat Rifad Marasabessy diteruskannya dengan sepakan tenang ke sudut kanan gawang. Gol tersebut sekaligus menutup jalannya pertandingan. Skor akhir 5-0.(tid/ziz)