Timsus Investigasi Radar Bandara Soetta

Tidak ada komentar 132 views

Jakarta (DOC) – Kementrian Perhubungan (Kemenhub) menerjukan Tim Khusus (Timsus) untuk menginvestigasi matinya radar Bandara Soekarno Hatta (Soetta). Matinya radar sempat menggangu arus penerbangan dari dan ke bandara tersebut.

Kapuskom Publik Kementerian Perhubungan Kemenhub Bambang S. Ervan mengatakan, Direktorat navigasi dari Kemenhub langsung turun ke bandara untuk melakukan koordinasi penanganan dan menyelidiki mengapa bisa terjadi.

Kemenhub, kata dia, akan melihat bagaimana perawatan UPS yang seharusnya berfungsi saat aliran listrik ke radar padam. Hal ini penting untuk melihat apakah UPS tersebut benar-benar dirawat secara berkala, karena menyangkut keselamatan penerbangan. “Investigasi secara mendalam terkait nanti dilihat bagaimana masalah perawatan, kan ada log book-nya,” ungkapnya.

Dikutip dari detik.com, Kemenhub belum tahu kapan investigasi selesai. Dalam investigasi ini Kemenhub bekerjasama dengan pihak PT Angkasa Pura II. “Dilakukan penelusuran dan memerlukan waktu,” tegasnya.

Seperti diketahui, pada Minggu (16/12) radar Bandara Soekarno-Hatta mati karena terbakarnya UPS sejak pukul 16.55 WIB. Akibatnya, ada 64 penerbangan tertunda. Baru setelah pukul 19.30 WIB penerbangan normal kembali. Pihak AP II pun meminta maaf atas terjadinya insiden ini.(rol/r3)