Tipping Fee TPA Benowo Berhenti, MOU di Revisi

Tidak ada komentar 197 views

Surabaya,(DOC) – Perdebatan panjang dalam rapat Badan Anggaran(Banggar) DPRD Surabaya, soal pembayaran tipping fee TPA Benowo ke PT Sumber Organik (SO), Selasa(1/10/2013) malam, akhirnya berbuah hasil soal penghentian pembayaran tipping fee pengelolaan sampah TPA Benowo dan revisi MoU.
Kerjasama Pemkot dan PT SO soal pengelolaan sampah TPA Benowo selama ini, dianggap cacat hukum karena tidak prosedural.

Erick Reginal Tahalele anggota Banggar asal fraksi Golkar mengaku puas dengan hasil rapat meski sempat terjadi perdebatan sengit. “Kami menilai bahwa MoU yang telah ditandatangani cacat hukum karena prosesnya menyalahi mekanisme yang telah diatur dalam tatib, untuk itu tipiing fee sepakat dihentikan dan isi kontrak dalam MoU juga sepakat untuk direvisi total, yang tentu harus melalui mekanisme dan tahapan dari awal,” ucap Erick, Rabu(2/10/2013).

Politisi asala Golkar ini juga mengungkapkan, bahwa selama ini PT SO pernah mendapatkan somasi dari para ahli, karena telah merubah kontrak area TPA Benowo secara sepihak.
“Ternyata pakar sudah pernah mengirimkan surat somasi kepada PT SO terkait perubahan area secara sepihak sehingga dianggap melakukan wanprestasi,” urainya.
Sementara mengenai anggaran APBD untuk tipping fee sebesar Rp. 31 miliar yang telah dibayar pemkot ke PT SO, Erick menambahkan, hal itu masih akan di bahas dirapat berikutnya.
“Itu nanti belakangan saja, yang penting sekarang kami telah berhasil menghentikan laju tipping fee di rapat banggar, lagian hal itu sudah menjadi ranah jajaran samping, biar mereka saja yang menyikapi,” jawab Erick tersenyum.(r7)