TMMD Di Pasrujambe Bangun Infrastruktur Jalan Dan Rehab 10 Unit Rumah Tak Layak Huni

Lumajang,(DOC) – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 102 di wilayah Kodim 0821 Lumajang menyasar pada pembangunan infrastruktur dan renovasi rumah warga yang tak layak huni. Untuk pembangunan infrastruktur, salah satunya adalah membangun akses jalan sepanjang 700 meter yang menghubungkan dua dusun yakni dusun Jabon dan dusun Tulungrejo di Desa Pasrujambe, Kecamatan Pasrujambe.

Komandan Kodim 0821 Lumajang Letkol Czi Agus Iskarman mengatakan, membangun RTLH, dan pembangunan jalan ini merupakan bagian dari kegiatan TMMD ke 102 sebagai wujud kepedulian TNI kepada masyarakat.

“Kegiatan pokok TMMD ke 102 Kodim 0821 Lumajang adalah pembangunan jalan yang menghubungkan Dusun Jabon dengan Dusun Tulungrejo sepanjang 700 Meter,” jelasnya, Selasa(10/7/2018).

Dia menyebutkan, Salah satu alasan ditempatkannya yakni dimana lokasi desa ini masuk kategori terisolir. Dan digagasnya jalan tembus penghubung dua Dusun di Desa ini yaitu berdasar pada kondisi sebelumnya, warga dua Dusun ini jika ingin bertemu terlebih berkegiatan sehari – hari, harus berjalan mengelilingi jalan Desa sejauh sekira 3,5 KM.

“Saat ini dengan adanya program TMMD ke 102, warga setempat hanya cukup menempuh perjalanan sejauh  700 meter saja,” imbuhnya.

Untuk saat ini pembangunan jalan penghubung jalan penghubung dua Dusun yakni Jabon dan Tulungresjo sudah mencapai 73%.

“Ditargetkan nanti sepekan terakhir dari waktu penutupan, awal Agustus atau Akhir Juli ini nanti selesai. Dan penutupan nanti akan dilakukan oleh Pandam V Brawijaya,” tambah Letkol Czi Agus Iskarman.

Disisi lain warga Desa setempat menyambut baik program TMMD. Bahkan sejumlah warga mengaku dengan adanya jalan tembus dua Dusun ini saja, saat ini warga sudah semakin dekat dan dirasa bisa mempermudah akses kegiatan keseharian yang sifatnya menunjang perekonomian.

“Jalan tembus ini kami rasa sangat menguntungkan, salah satunya ketika pergi ke kebun jadi dekat. Dan warga Dusun Tulungrejo ketika mau ke Lumajang membawa hasil bumi menjadi tidak perlu memutar” kata Slamet Abidin, warga sekaligus Kasun setempat.

Sebelumnya, kegiatan TMMD di wilayah Lumajang, juga telah memulai merehab 10 unit rumah yang tak layak huni milik warga dusun Tulungrejo, Desa Pasrujambe,  Kecamatan Pasrujambe. Kegiatan ini dilakukan secara bersamaan dengan perbaikan infrastruktur jalan penghubung dua desa.(mam/r7)