TNI Gelar Piala Bergilir Panglima

Tidak ada komentar 173 views

Jakarta, (DOC) – Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Marsdya TNI Boy Syahril Qamar, S.E, mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko, bertindak selaku Inspektur Upacara pada upacara Pembukaan Pertandingan Olahraga Umum Panglima TNI tahun 2013, yang diikuti beberapa kontingen, terdiri dari Kemhan, Mabes TNI, TNI AD, TNI AL, dan TNI AU, bertempat di Lapangan Sepak Bola Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (10/9/2013).
Panglima TNI dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Kasum TNI mengatakan, bahwa pembinaan keolahragaan di lingkungan TNI merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembinaan kesegaran jasmani prajurit sebagai substansi pokok dalam menunjang olahraga keprajuritan personel TNI, dan perlu dipahami bahwa olahraga khususnya olahraga prestasi adalah aktifitas untuk menghasilkan perubahan holistik, baik fisik dan mental maupun emosional melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam olahraga, antara lain nilai-nilai sportifitas, kejuangan, kehormatan, disiplin, tanggung jawab, kerjasama dan percaya pada kekuatan sendiri.
Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan, semakin banyak kejuaraan akan semakin baik, artinya semakin banyak kejuaraan yang dilaksanakan dan di ikuti oleh para atlit dipastikan akan semakin besar peluang dan kesempatan untuk mencapai prestasi dan menempa mental juara. Pada kenyataan sering di jumpai seorang atlit yang tercatat memiliki skill, taktik dan teknik yang lebih baik dari lawannya, akan tetapi tidak jarang hasil pertandingan menyatakan sebaliknya sehingga atlit mengalami kekalahan, justru karena lemahnya militansi dan semangat juang karena belum memiliki mental sebagai juara.
Sebelum mengakhiri sambutannya, Panglima TNI menyampaikan beberapa atensi atau motivasi untuk mengembangkan cabang-cabang olahraga pada kejuaraan piala Panglima TNI, searah dengan kebijakan KOMI (Komite Olahraga Militer Indonesia) yang memiliki dua tujuan utama: Pertama, membangun kualitas personel TNI dalam kerangka tugas pokok sebagai prajurit, guna mengangkat harkat dan citra TNI dan bangsa di forum keolahragaan Militer Dunia. Kedua, membantu meningkatkan prestasi olahraga nasional dengan menjadikan KOMI sebagai salah satu sumber atlit andalan nasional, guna mendukung prestasi nasional di forum keolahragaan internasional.
Adapun cabang olahraga yang dipertandingkan diantaranya, olahraga umum terdiri dari sepak bola, bola voli, tenis lapangan, dan bulu tangkis. Pertandingan akan berlangsung dari tanggal 10 – 18 September 2013, dimana Juara Umum akan mendapat Piala bergilir Panglima TNI, sedangkan untuk Juara 1 sampai dengan Juara 3 mendapat Piala Tetap. (puspen/r4)