Tolikara Diguncang Gempa 6,1 SR, Warga Panik Berhamburan

Papua (DOC) – Gempa berkekuatan 6,1 skala Richter (SR) mengguncang wilayah Tolikara, Papua, Rabu (16/5/2018). Guncangan gempa yang cukup kuat ini membuat warga panik dan berhamburan keluar rumah.

“Kabupaten Tolikara, gempa dirasakan kuat selama 2-5 detik. Masyarakat panik dan sempat keluar rumah,” kata Kepala Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

Sutopo menambahkan, di Kabupaten Jayawijaya gempa terjadi dalam durasi 3-7 detik. Situasi ini juga membuat masyarakat panik dan keluar rumah.

Saat ini petugas masih melakukan pendataan. Menurut Sutopo, belum ada informasi soal korban dan kerugian akibat gempa ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa 6,1 SR ini terjadi pada Rabu (16/5/2018) pukul 09.12 WIB. Lokasi gempa ada di koordinat 3,70 lintang selatan (LS) dan 138,67 bujur timur (BT).

Pusat gempa ini berada di darat pada 32 kilometer (km) arah tenggara Tolikara di kedalaman 111 km. Gempa ini cukup kuat dirasakan di Wamena (skala III-IV MMI). Sementara di Nabire, Genyem, dan Timika gempa cukup dirasakan dalam skala III MMI.(dtc/ziz)

Tag: