Topan Bopha di Filipina ‘Makan’ 700 Nyawa

Tidak ada komentar 130 views

Filipina (DOC) – Terjangan Topan Bopha di Filipina mengakibatkan ratusan korban jiwa. Hingga kemarin, tercatat sudah ada sekitar 700 orang dipastikan meninggal akibat bencana alam tersebut. Sementara ratusan orang lainnya hingga kini masih hilang.

kantor Pertahanan Sipil Filipina melaporkan, sebagian besar korban hilang adalah para nelayan yang dikhawatirkan telah tenggelam di lautan.

Sementara kantor beritan AFP melansir, Topan Bopha ini telah menimbulkan banjir dan tanah longsor di Pulau Mindanao, Filipina selatan pada 4 Desember 2012. Sejauh ini sedikitnya 714 orang tewas akibat topan ini.

Menurut kantor Pertahanan Sipil Filipina, hampir 115.000 rumah hancur diterjang topan ini. Lebih dari 116 ribu orang hingga saat ini masih tinggal di pusat-pusat penampungan yang disediakan pemerintah.

Sejauh ini total 890 orang masih belum ditemukan. Namun menurut otoritas setempat, sebagian dari mereka yang hilang kemungkinan adalah 257 jasad yang telah ditemukan namun belum terindentifikasi dan belum diambil oleh keluarga mereka.

Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Senin, 10 Desember lalu meluncurkan permintaan bantuan global sebesar US$ 65 juta untuk para korban Bopha. Topan ini merupakan topan terdahsyat yang menerjang Filipina tahun ini. Tahun 2011 lalu, sebanyak 1.200 orang di pantai utara Mindanao akibat Badai Tropis Washi.(sol/r3)