TPS Pasar Turi Tahap III Akan Dibangun

Tidak ada komentar 210 views

Surabaya (DOC)  – Kepastian PT Kereta Api Indonesia (KAI) memperbolehkan lahanya digunakan sebagai Tempat Penampungan Sementara (TPS) pedagang Pasar Turi tahap III disambut positif oleh Kepala UPTD Pasar Turi, Achmad Basori. Menurutnya, setelah mendapat kepastian ijin tersebut, kini poemkot tinggal menentukan lokasinya.

Menurut Achmad Basori, berdasarkan hasil pengukuran lokasi TPS yang dilakukan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin), pembangunan TPS setidaknya akan memakan lahan seluas 580 M2.

“Untuk pastinya berapa luas area yang dibutuhkan masih belum jelas, sebab itu baru hitung hitungan kami saja,” ungkap Achmad Basori.

Basori menerangkan, areal lahan seluas itu rencananya akan digunakan membangun sebanyak 973 TPS. Hal itu berdasarakan jumlah stan di Pasar Turi tahap III yang terbakar. Meski demikian jumlah stan bisa berkurang karena menurut Achmad Basori, pedagang sudah legowo hanya mendapatkan satu stan.

“Selama ini akan ada pedagang yang memiliki lebih dari satu stan. Namun setelah berkomunikasi dengan para pedagang, mereka tidak masalah hanya dapat satu stan, asalkan secepatnya bisa berdagang kembali,” ujarnya.

Menurutnya, untuk stan yang akan dianguna nanatinya ada beberapa perbedaan deangn stan yang lama. Dimana untuk ukuran stan yang akan dibangun ukuranya jauh lebih kecil. Hal itu bersadarkan keputusan pemerintah koyta yang hanya membangun stan berdiameter 3×1,5 meter. Ukuran ini adalah sama dengan luas stan di TPS Pasar Turi yang terbakar pertengahan tahun 2007 silam.

Achmad Basori menyatakan TPS nantinya akan dibangun satu lantai. Khusus pembangunan ini berbeda dengan TPS yang sudah ada karena TPS Pasar Turi yang sekarang dibangun dua lantai. Mengenai hal ini Asisten II Sekkota Surabaya Muhlas Udin mengatakan TPS dikonsep dengan menggunakan bahan kayu.

“TPS akan dibangun dengam masa sewa lahan ke PT KAI dua tahun.” Ungkap Muhlas ketika ditemui wartawan beberapa saat yang lalu.

Sedangkan untuk lokasinya, tambah dia, TPS itu akan didirikan di sebelah barat bangunan Pasar Turi tahap III yang terbakar dengan model bangunan berbentuk memanjang. Kendati demikian, Ia menyebut belum tahu persis layout TPS. Namun konsepnya TPS akan dilengkapi loading dock dan tempat parkir.

“Sekarang ini kajian sedang dibuat lebih mendetil untuk mengkonsep pintu masuk dan pintu keluar TPS. Tapi sebaiknya pintu masuk lewat Jl Dupak, sedamgkan pintu keluar lewat depan Dinas Pemadam Kebakaran biar tidak semrawut,” tandasnya. (red)