Truck Tronton Terlibat Kecelakaan Maut Di Brebes, 11 Orang Meninggal

foto : kondisi truck tronton pengangkut gula dalam kecelakaan maut yang mengakibatkan 11 orang meninggal dunia

Brebes,(DOC) – Sebuah truk menabrak sejumlah rumah di desa Jatisawit, Kecamatan Bumiayu, Brebes, Minggu(20/5/2018) sekitar pukul 16.30 WIB, akibat rem-nya blong.

Dalam Insiden ini dikabarkan, korban meninggal untuk sementara sebanyak 11 orang.

Menurut keterangan salah satu petugas evakuasi, bahwa truk yang mengangkut gula itu menabrak sekitar 4 bangunan rumah, 16 motor dan sebuah mobil.

“Berdasarkan pantauan sementara, korban ada 11 orang,” kata Petugas Kantor Damkar Bumiayu, Hadinata saat turut melakukan evakuasi korban.

Berdasarkan keterangan para saksi, kata dia, truk jenis tronton berwarna merah itu melaju dari arah selatan (Purwokerto) menuju ke utara (Tegal), melewati jalur dalam kota atau jalur padat kendaraan.

“Saat kejadian memang banyak warga yang tengah berjalan – jalan menunggu waktu berbuka puasa,” jelas Hadinata, seperti yang dilansir tribun.

Jenazah korban yang meninggal, kini telah berada di RSUD Bumiayu. Sedangkan korban luka dibawa ke RS Alam Medica dan RS Aminah Bumiayu.

Sementara itu, Kanit Laka Polres Brebes, Iptu Budi Supartoyo, menjelaskan, bahwa truk tronton bernopol H1996CZ itu, bermuatan gula pasir dari Purwokerto untuk di kirim menuju Jakarta.

Pengemudi truck yang berinisial PD asal Karangtengah, kecamatan Sampang, kabupaten Cilacap, masih dalam perawatan intensif di rumah sakit, karena kondisinya koma dan sekujur tubuhnya dipenuhi luka.

“Saat kendaraan melintas di flyover Kretek, masih dalam kondisi normal. Saat melintas di Desa Jatisawit atau dalam kota(Bumiayu,red), truk diduga mengalami rem blong,” katanya.

Ia menjelaskan, diduga rem tak berfungsi saat kondisi jalan menurun, sehingga pengemudi tak bisa mengendalikan truk. Ketika itu kendaraan oleng dan kemudian menabrak beberapa kendaraan lain serta sjumlah bangunan rumah disekitarnya.

“Sopir akhirnya banting setir ke kiri tapi kendaraan terus melaju. Truk kemudian menabrak satu mobil, 13 sepeda motor, dan tujuh rumah di RT 3 RW 5 Desa Jatisawit,” jelasnya.

Sekitar pukul 19.30 WIB, polisi berhasil mengevakuasi bangkai truk tronton dari jalan. Lalu lintas di jalur utama yang semula macet, sudah bisa dilalui kembali.(wat/r7)

Berikut data korban meninggal kecelakaan maut di Brebes :

  1. Amaliyah Dwi Cahyani, 20 th, Bumiayu
  2. M Hanif Amrulloh, 37 th, Bumiayu
  3. Yuli Pujiati Ningrum, 31 th, Bumiayu
  4. Nada Salsabila alda, 10 th, Bumiayu
  5. Rizal, 31 th, Bumiayu
  6. Saekhun, 60 th, Bumiayu
  7. Karempeng, 60 th, Bumiayu
  8. Wahidin, 27 th, Bumiayu
  9. Roni, 48 th, Majalengka rt 2/7 Kec Majalengka
  10. M Faozan, 45 th, Desa Dukuhturi rt 3/4 Kec Bumiayu
  11. Yang satu blm teridentifikasi.