Tucuxi Dahlan belum Laik Jalan

Tidak ada komentar 159 views

Jakarta (DOC) – Mobil listrik Tucuxi Menteri BUMN Dahlan Iskan ternyata belum memiliki sertifikat laik jalan. Kementerian Perhubungan bahkan menegaskan belum pernah menerima permohonan untuk menguji mobil yang menabrak tebing di Magetan, Jawa Timur, Sabtu (5/1).

Kepala Pusat Komunikasi Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan mengatakan, sampai saat ini Ditjen Perhubungan Darat belum pernah menerima permohonan untuk dilakukan pengujuan mobil Tucuxi. Sehingga, kata dia, tak ada sertifikat apapun yang dikeluarkan kementerian ini.

Namun, ujar Bambang, uji tipe kendaraan bermotor tipe baru memang wajib dilakukan. Hal ini sesuai dengan UU lalu lintas Nomor 20 tahun 2009 pasal 49 ayat 1 dan 2 di mana tiap produk baru kendaraan bermotor, kereta dan pesawat harus melalui proses sebelum diregistrasi.

Kendaraan baru, terang Bambang, akan dites oleh tim uji kelaikan di Balai Pengujian milik Kemenhub di Bekasi. Bila lulus, surat lulus uji tipe bisa dikeluarkan sebagai syarat registrasi produk baru. Surat ini penting untuk mendapatkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Setelah itu, kendaraan baru dapat dioperasikan di jalan raya.

Bambang menegaskan, sesuai Pasal 69 UU Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan, memang ada pengecualian. Untuk kepentingan tertentu operasi kendaraan di jalan raya boleh dilakukan.”Tapi pengaturannya di Kepolisian RI,” kata Bambang, Senin (7/1). (rol/r3)