Turki Siagakan 250 Tank dan 55 Jet di Perbatasan Suriah

Tank pasukan Turki bersiap menghadang perlawanan Suriah di perbatasan wilayah

Istanbul (DOC) – Hubungan Turki dan Suriah kian memanas setelah helikopter Suriah membom Kota Kecil Azmarin yang terletak di perbatasan dengan Suriah.  Seperti dilansir Xinhua, hal tersebut dilakukan Turki usai sebuah helikopter Suriah membom Kota Kecil Azmarin yang terletak di dekat perbatasan Suriah.

Xinhua melaporkan, usai kejadian tersebut Turki bereaksi dengan meningkatkan kekuatan militernya ke wilayah perbatasan. Sekitar 250 tank dan 55 jet sejak Jum’at waktu setempat dikerahkan untuk mengantisipasi serangan. Tank-tank tersebut kemudian disiagakan provinsi Sanliurfa dan Mardin.

Hingga kemarin, Pemerintah Turki telah menginstruksikan kesiapan militer bagi kemungkinan bentrok dengan pasukan Suriah. Kendaraan lapis baja dan senjata berat telah ditempatkan sementara satuan artileri juga dikerahkan ke wilayah itu. Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata Turki, Jenderal Necdet Ozel, mengatakan pihaknya akan mengerahkan kekuatan lebih besar apabila bom Suriah terus mendarat di wilayah Turki.

Seperti diketahui, sepanjang 910 kilometer perbatasan Turki dengan Suriah kerap terjadi pertempuran dan dalam beberapa pekan merembet ke wilayah Turki.

Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata Turki, Jenderal Necdet Ozel, mengatakan pihaknya akan mengerahkan kekuatan lebih besar apabila bom Suriah terus mendarat di wilayah Turki.(rol/r3)