Uji Coba Mobil Listrik ITS Kelilingi Pulau Jawa

Tidak ada komentar 135 views

Surabaya,(DOC) – Tagline “ITS Eco Campus” semakin mengukuhkan bahwa Institut TeknologiSepuluh Nopember (ITS) Surabaya sebagai perguruan tinggi yang mengedepankan keselarasan antara teknologi dan lingkungan. Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan mahasiswa ITS yang menciptakan dua kendaraan bertenaga listrik.
Dua kendaraan itu diberi nama EZZY ITS ver 1.0 dan EZZY ITS ver 1.1, serta satu mobil bertenaga surya, Sapuangin Surya. Rencananya dua mobil listrik itu akan diperkenalkan ke publik. Untuk mengembangkan performa kedua mobil listrik dan memperingati Hari Pendidikan Nasional, ITS akan menyelenggarakan sebuah kegiatan bernama Tourde Java. Kegiatan ini merupakan perjalanan dua mobil listrik karya ITS yang melintasi Pulau Jawa selama lima hari, sejak 2–6 Mei 2014.
Pada kegiatan Tour de Java akan dihadirkan pula, mobil bertenaga surya satu-satunya di Indonesia, Sapuangin Surya. Rute Tour de Java akan dimulai dari Jakarta lalu melewati beberapa kota seperti Bandung, Tasikmalaya, Purwokerto, Yogyakarta, Madiun dan berakhir di Surabaya.
Rencananya, pelepasan mobil listik dari kampus ITS pada Jumat (25/4/2014) siang. Pelepasan akan dilakukan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof Muhammad Nuh.
Dengan adanya dukungan penuh dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pemkot Surabaya serta Rektor ITS, diharapkan acara ini dapat memotivasi para pemuda Indonesia untuk lebih mengembangkan Indonesia, khususnya di bidang sains dan teknologi. Namun yang utama adalah memunculkan kesadaran akan pentingnya kelestarian lingkungan.(co/r7)