UNBK SMA Kacau, 34 Nomor Soal Hilang

Tidak ada komentar 127 views

Banjarnegara (DOC) – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA di Indonesia masih diwarnai kekacauan. Selain lagu lama soal server yang ngadat, kini muncul masalah lain, yakni hilangnya beberapa nomor soal UNBK di layar komputer. Situasi ini membuat siswa bingung, resah, dan panik.

Pengalaman itu dirasakan para siswa SMAN 1 Banjarnegara, Selasa (10/4/2018). Mereka mengaku panik saat mengerjakan soal matematika. Sebab pada UNBK hari kedua ini banyak nomor soal UNBK matematika yang hilang.

Jumlah soal yang hilang pun beragam. Dari total 40 soal, ada yang hilang 23 nomor, 17 nomor, 20 nomor bahkan ada yang hilang sampai 34 nomor.

Salah seorang peserta UNBK di SMAN 1 Banjarnegara, Meili Agnes mengaku bingung lantaran soal tidak keluar. Dari 40 soal ia hanya mengerjakan 17 soal matematika.

“Dikira karena server rusak dan bingung dan setelah diberi arahan dari pengawas untuk dikerjakan seadanya dulu,” kata Meili Agnes.

Sebelumnya UNBK di hari pertama untuk pelajaran Bahasa Indonesia lancar dan tak ada masalah hilangnya soal. Meili pasrah jika harus mengulang meski hal tersebut membutuhkan persiapan lagi.

“Tidak tahu mau diulang atau bagaimana tetapi yang saya kerjakan hanya 17 soal,” tuturnya.

Hal senda juga dirasakan Melinas Siska. Siswi kelas 12 IPA 5 ini mengatakan, soal yang hilang acak. Saat nomor diklik tidak keluar soalnya.

“Harusnya 40 soal untuk pelajaran matematika tetapi ini banyak yang hilang soalnya,” ujarnya.

Pengawas UNBK di SMAN 1 Banajarnegara Hanifah membenarkan jika banyak soal yang hilang untuk pelajaran matematika. Dengan kondisi ini peserta UNBK hanya mengerjakan soal yang muncul di monitor.

“Awalnya sempat bingung tetapi setelah diberi arahan untuk mengerjakan soal yang ada saja,” tuturnya.(dtc/ziz)

Tag: