D-ONENEWS.COM

Universal Studio Di Surabaya, Diduga Gunakan Lahan KBS

Surabaya,(DOC) – Walikota Surabaya Tri Rismaharini mempunyai impian yang tinggi. Ia bercita – cita di Surabaya bisa dibangun Universal Studio agar mendukung icon kota sebagai kota perdagangan dan jasa. Saat di gedung DPRD Surabaya, Walikota Tri Rismaharini menyatakan, ketika bertemu dengan Dubes AS saat berkunjung ke Surabaya, cita-cita itu telah disampaikannya. “Saya ditawari oleh Dubes AS, dan saya menginginkan ada Universal Studio karena mengarah pada visi Surabaya yaitu menjadi kota perdagangan dan jasa”, terang Walikota. Senin(10/2/2014) kemarin.
Menurut Risma, Dubes AS memang telah berjanji akan membawa investor Amerika untuk menawarkan Universal Studio di Surabaya. Untuk masalah lahan, Tri Risma masih akan mengkoordinasikan terlebih dahulu dinternal pemkot guna menentukan lokasi Universal Studio.”Nanti saya akan bicarakan untuk menentukan posisinya,”ungkapnya.
Sementara itu, terpisah Duta Besar (dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Robert Blake, saat mengunjungi balai kota Surabaya, Senin (10/2/2014) memang membicarakan iklim kerjasama sektor bisnis, hingga permasalahan kebun binatang Surabaya (KBS).
Dubes AS yang didampingi Konsul Jenderal AS di Surabaya, Joaquin Monserrate, menganggap Surabaya sangat berpotensi menarik minat investor dari luar negeri. “Reputasi dan prestasi Surabaya di bawah pimpinan Walikota Tri Rismaharini sudah terdengar sampai AS. Dan sekarang ketika pertama kali berkunjung ke Surabaya, saya melihat banyak terobosan dan tata kelola pemerintahannya juga baik sehingga mampu meningkatkan taraf hidup masyarakatnya,” papar Robert.
Robert mengatakan, Indonesia merupakan mitra strategis AS, khususnya di wilayah Asia Tenggara. Berdasar data yang dihimpun dari kamar dagang AS, sedikitnya 65 miliar dolar AS diinvestasikan di Indonesia tiap tahunnya. Untuk itu, pada kunjungan berikutnya nanti, dia berjanji akan membawa serta para pengusaha Negeri Paman Sam dengan tujuan lebih memahami iklim investasi.
Beberapa pihak dari kalangan Akademisi menilai, bahwa keingingan AS menjalin kerjasama intensif dengan Surabaya ini, diduga ada kaitannya dengan pengelolaan KBS kedepan.
“Dalam waktu dekat ini Pemkot Surabaya akan menguasai KBS sepenuhnya, sehingga kemungkinan besar Universal Studio akan didirikan di atas lahan KBS”, cetus salah satu pemerhati KBS dari kalangan Akademisi yang enggan menyebutkan namanya.(r7)

Loading...

baca juga