Uruguay v Prancis: Cavani Absen? Siapa Penggantinya?

 

Nizhny Novgorod, (DOC) – Peluang Edinson Cavani dalam membela Uruguay melawan Prancis di perempatfinal Piala Dunia 2018 cukup tipis. Lantas siapa pengganti yang pas bagi Cavani?

Pertandingan Uruguay vs Les Bleus akan dipentaskan di Nizhny Novgorod Stadium, Jumat (6/7) malam pukul 21.00 WIB. Cavani dikhawatirkan absen karena mengalami cedera betis saat pertandingan melawan Portugal.

Cavani mempunyai peran yang krusial di lini depan Uruguay. Pemain 31 tahun itu merupakan penyumbang gol terbanyak Uruguay, dengan catatan tiga gol dalam empat pertandingan.

Cavani sudah membukukan 16 tembakan ke ara gawang lawan. Ada tujuh tembakan mencapai sasaran. Statistik rata-rata 1,8 dribble di setiap pertandingan dan 1,5 kali dilanggar, dan 0,5 keypasses di setiap pertandingan menjadi kontribusi Cavani sejauh ini.

Andai Cavani absen, di skuat Uruguay saat ini masih ada beberapa alternatif. Striker muda, Maxi Gomez, bisa menjadi pilihan untuk menjadi pendamping Luis Suarez di lini depan. Di Piala 2018, Oscar Tabarez mengusung formasi dua striker dalam empat pertandingan yang dijalani.

Pemain 21 tahun itu performa yang cukup oke di musim pertamanya bersama Celta Vigo. Dia mencetak 17 gol dalam 36 pertandingan yang jalani di La Liga.

Maxi Gomez merupakan striker yang lebih banyak beraksi di dalam kotak 16 meter. Dia mencatatkan rata-rata 2,3 tembakan dalam satu pertandingan bersama Celta Vigo, rata-rata 1,6 kali di catatakan di dalam area penalti, 0,4 dari kotak area kiper, dan 0,3 tendangan dibukukan dari kotak penalti.

Di Piala Dunia 2018, Maxi Gomez masih belum mendapatkan banyak kesempatan bermain. Pemain, yang dijuluki Suarez baru, itu baru mendapatkan waktu bermain di masa injury time saat Uruguay mengalahkan Rusia tiga gol tanpa balas.

Pilihan lain yang dimiliki Tabarez adalah Cristhian Stuani. Pemain 31 tahun itu juga sedang tampil produktif di La Liga musim lalu, dengan catatan 21 gol dalam 33 pertandingan bersama Girona.

Stuani sudah membukukan sebanyak 42 caps untuk Uruguay, hingga jelas unggul pengalaman dibandingkan Maxi Gomez. Stuani merupakan anggota skuat Uruguay di Piala Dunia 2014 dan Copa America 2015.

Stuani juga merupakan penyerang kotak 16 meter, hingga bisa menjadi pilihan untuk mengisi pos yang ditinggalkan oleh Cavani. Stuani rata-rata melakukan 1,6 tembakan di area kotak penalti di setiap pertandingan di La Liga, rata-rata 0,4 tembakan di setiap pertandingan di area kiper, dan rata-rata 0,3 tembakan dari luar kotak penalti.

Stuani tampil kurang oke saat mendapatkan kesempatan bermain 16 menit di pertandingan melawan Portugal. Dia gagal melepaskan sekalipun tembakan. Dengan fakta itu, Maxi Gomez pantas diberi kesempatan bermain oleh Tabarez. (Ps)