Usai Diambil Sumpah, 70 ASN Probolinggo Segera Susun Program

Probolinggo,(DOC) – Pemerintah Kota Probolinggo menggelar pelantikan dan sumpah/janji jabatan bagi pejabat fungsional di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo, Kamis(5/4/2018), di Puri Manggala Bhakti Kantor Wali Kota Probolinggo. Pelantikan ini untuk mengoptimalisasi proses pembinaan dan pengembangan pola karier bagi pejabat fungsional.

Kepala BKPSDM (Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia) Rachma Deta Antariksa menyatakan, tujuan acara tersebut untuk meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan publik sehingga menghindari potensi stagnasi dan kesenjangan operasional dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan publik.

Sebanyak 70 ASN (Aparatur Sipil Negara) diangkat dalam jabatan fungsional meliputi jabatan fungsional dokter sebanyak 9 orang, jabatan fungsional dokter gigi 1 orang, jabatan fungsional perawat sebanyak 2 orang. ASN yang diangkat dalam jabatan fungsional melalui mekanisme penyesuaian (Inpassing) terdiri dari jabatan fungsional pengantar kerja 1 orang dan jabatan fungsional Polisi Pamong Praja sebanyak 2 orang.

Tak hanya itu, jabatan fungsional melalui mekanisme pengangkatan perpindahan dari jabatan lain ke dalam jabatan fungsional terdiri dari jabatan fungsional penilik 1 orang. Serta ASN yang mendapatkan kenaikan jabatan fungsional terdiri dari guru 20 orang, dokter 2 orang, pranata komputer 13 orang, arsiparis 1 orang, penguji kendaraan bermotor sebanyak 3 orang, pengawas bibit ternak sebanyak 1 orang, perawat 1 orang, statistisi 1 orang, penyuluh perindustrian dan perdagangan 1 orang, sanitarian 1 orang, penyuluh kesehatan masyarakat 1 orang, asisten apoteker 4 orang, bidan 1 orang, serta auditor sebanyak 4 orang.

Para ASN tersebut dilantik dan diambil sumpah/janji jabatannya oleh Wali Kota Probolinggo Rukmini dengan disaksikan oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Paeni, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Didik Sunaryoto serta para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah).

Wali Kota Probolinggo Rukmini berharap pejabat fungsional yang telah dilantik dan diambil sumpah/janji dapat meningkatkan kapasitas, serta segera memahami dan menyesuaikan diri dengan kewenangan baru. Jangan terlalu larut dalam euforia, namun segera menyusun kegiatan dan program kerja sesuai dengan tuntutan organisasi dan tantangan yang dihadapi sehingga pelaksanaan program dan kegiatan dapat berjalan sesuai dengan tujuan, sasaran, dan waktu yang telah ditentukan.

 

“Kerja keras saudara dalam hal ini nantinya akan sangat menentukan keberhasilan program dan kegiatan pada instansi saudara,” ungkap wali kota.(mam/r7)