Usulkan Pemekaran Provinsi Madura

Tidak ada komentar 227 views

Surabaya , (DOC) – Pasca dioperasionalkannya Jembatan Suromadu, Warga Madura mulai bergejolak mewacanakan pemekaran Pulau Madura menjadi Provinsi sendiri, lepas dari Provinsi Jawa timur.
Ketua Ikatan Masyarakat Madura atau IKAMRA – Ali Badri menyampaikan Wacana tersebut siang ini, Rabu(5/12/12),  disela Gathering Koran Madura di Taman Apsari Surabaya.
Menurut Ali Badri, Madura sudah pantas menjadi provinsi sendiri, karena banyak elemen pendukung yang sudah mumpuni baik sumber daya manusia (SDM) nya maupun sumber daya alam (SDA) nya.
“Saat ini dipulau Madura banyak terdapat dokter, profesor, jenderal bahkan ada yang menjadi menteri, hingga ketua Mahkamah Agung. Ditambah lagi dari kalangan masyarakat Madura yang sukses di perantauan.” Kata Ali Badri
Sementara mengenai Sumber daya Alamnya, dukungan komoditi di Pulau Madura juga banyak yang belum tergarap dan terekspos. Seperti peternakan dan pertaniannya, tempat wisata serta kerajinan batik Madura yang hampir di setiap Kabupaten tersedia. “Madura juga memiliki 104 titik minyak dan gas bumi yang belum diketahui oleh banyak kalangan, belum lagi disektor lainnya.” Tambahnya
Pemekaran Wilayah memang sudah terjadi diberbagai daerah di Indonesia seperti, Papua, Sulawesi hingga Banten Jawa Barat. Namun di Jawa Timur memang belum ada, dan baru Madura yang mengusulkan menjadi Provinsi sendiri.
Menurut Ali Badri, Memang saat ini masih ada empat kabupaten. Tapi untuk lima Kabupaten sebagai syarat Undang Undang (UU), di kepulauan Sumenep bisa dimekarkan untuk dijadikan lima kabupaten. Di Pamekasan juga bisa dimekarkan. “Usulan pemekaran ini sudah pernah disampaikan ke pemerintah pusat, tapi belum ada respon karena saat itu jembatan Suramadu masih dibangun. Sekarang ini pihaknya berencana membahas lagi dengan para tokoh masyarakat dan Ulama di Madura untuk mewujudkan Madura sebagai Provinsi sendiri.” Tegasnya.(R-7)