Vagina Sering Mengeluarkan Bau Tidak Sedap? Ketahui Alasannya

vagina bau

Jakarta, (DOC) – Vagina bau tentu bisa membuat wanita menjadi tidak percaya diri dan tidak nyaman. Ini mungkin dianggap biasa oleh banyak wanita karena keluarnya keringat di sekitar daerah kemaluan. Namun hati-hati, vagina bau yang disertai dengan gejala lain mungkin bisa disebabkan oleh berbagai hal serius menyangkut kesehatan vagina Anda.

Bakteri jahat bisa menyerang vagina Anda dan menyebabkan masalah, seperti vaginosis bakterialis. Bakteri jahat ini membuat lingkungan dalam vagina menjadi tidak seimbang, bakteri jahat terus bertambah sementara bakteri baik terus berkurang. Hal ini kemudian mengakibatkan vagina menjadi gatal, mengeluarkan bau tidak sedap seperti bau amis, mengeluarkan keputihan yang tidak biasa, dan lainnya.

Selain itu, vagina bau juga dapat disebabkan oleh parasit yang mengakibatkan penyakit trichomoniasis. Ini merupakan salah satu penyakit yang bisa ditularkan melalui hubungan seksual. Kadang, penyakit ini mungkin tidak disadari oleh penderitanya, sehingga banyak menularkan ke orang lain. Selain vagina bau, gejala lain dari trichomoniasis adalah vagina gatal, kemerahan, sering merasa ingin buang air kecil, sakit saat buang air kecil, keputihan yang tidak biasa, bahkan pembengkakan di daerah selangkangan.

Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya jaga kesehatan vagina Anda. Rutinlah mencuci vagina cukup dengan air hangat (tidak perlu menggunakan sabun kewanitaan). Basuh vagina dari depan ke belakang (bukan dari belakang ke depan). Tidak lupa untuk mengganti pembalut secara teratur saat menstruasi. Serta, tidak menggunakan celana dalam yang terlalu ketat agar kelembapan daerah vagina tetap terjaga. Selain itu, hindari untuk berganti-ganti pasangan dalam melakukan hubungan seksual. (and)