Vonis 10 Tahun, Djoko Susilo Tersenyum

Tidak ada komentar 158 views

Jakarta,(DOC) – Raut wajah terdakwa kasus Simulator Sim dan Pencucian Uang, Djoko Susilo tak tampak sedih usai mendegarkan majelis hakim, Jakarta menjatuhkan vonis 10 tahun di pengadilan Tipikor, Jakarta, Selasa (3/9/2013). Mantan Gubernur Akpol itu justru tampak tersenyum. Djoko lebih banyak melempar senyum saat awak media mengkonfirmasi soal vonis yang dijatuhkannya itu. Djoko pun enggan banyak berkomentar.
“Tentunya saya ucapkan terimakasih atas semua daripada perhatian rekan-rekan, terimakasih,” kata Djoko Suslo.
Kuasa hukum Djoko Susilo, Junivart Girsang memastikan bahwa kliennya akan mengajukan banding. Dia beralasan lantaran ada hal yang tidak termuat secara jelas sesuai dengan fakta persidangan.
“Setelah kita mendengarkan vonis ini, kita juga sudah mencermati kemudian hasil pencermatan kita, kita melihat vonis ini ada hal tidak termuat secara jelas, sesuai dengan fakta persidangan karenanya kami langsung mengambil sikap untuk banding,” tegas Juniver.
Tak hanya itu, Juniver juga mempermasalahkan aset kekayaan Djoko yang dirampas untuk negara. Termasuk aset yang disita dan dikembalikan “Ada hal yang tidak harus dimasukan dalam berkas. Nannti akan dibuat memori banding, kami kupas dalam memori banding termasuk keberatan kami dalam mengajukan banding,” ungkap Juniver.
Sebelumnya, majelis hakim menjatuhkan vonis 10 tahun penjara, denda Rp 500 juta subsidair 6 bulan kurungan terhadap terdakwa Djoko Susilo. Djoko dinilai terbukti memperkaya diri sendiri sebesar Rp 32 miliar dalam proyek pengadaan driving simulator roda dua dan roda empat pada tahun 2011. Dimana dalam proyek ini negara dirugikan sebesar Rp 121,830 miliar Djoko juga terbukti melakukan tindak pidana pencucian uang. Djoko dinilai tidak dapat membuktikan kekayaannya pada tahun 2003-2010 Rp 54,6 miliar dan USD 60 ribu.(co/r4/r7)