Wadansatgas Indobatt Resmikan Penggunaan Water Filtration untuk Desa Tulin

Lebanon,(DOC) – Wakil Komandan Satuan Tugas (Wadansatgas) IndonesianBatallion (Indobatt) Kontingen Garuda XXIII-H/UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon) Mayor Inf Ade Rony meresmikan penggunaan Water Filtration (mesin penyaringan air) untuk warga Desa Tulin, Lebanon Selatan, Kamis (8/5/2014).

Peresmian mesin penyaringan air ditandai dengan pemotongan kue tart oleh Wadansatgas Indobatt, Chief G-9 Sektor Timur Unifil Letkol Castro Blass dan Mayor (Kepala Desa) Tulin Mr. Hassan Awala, dilanjutkan dengan membuka tirai penutup prasasti yang terletak di bagian luar gedung penyimpanan mesin penyaring air.

Mesin penyaringan air ini merupakan bantuan dari Kontingen Spanyol melalui Indobatt bagi warga Desa Tulin yang dikoordinasikan oleh Staf CIMIC (Civil Military Coordination) Sektor Timur UNIFIL dan Cimic Indobatt pimpinan Mayor Sus M. Toriq dan Lettu Inf Jeremiah Sesa selaku Pasi Cimic dengan otoritas lokal Desa Tulin.

Desa Tulin merupakan salah satu desa binaan Kompi Delta yang dipimpin oleh Kapten Inf Alex Donald selaku Komandan Kompi (Danki). Sebagai kepanjangan tangan dari Cimic Batalyon, maka Cimic Kompi Delta senantiasa melakukan pendekatan secara halus (Soft Approach) terhadap otoritas lokal dan masyarakat setempat yang menjadi desa binaannya.

Proyek penyaringan air ini merupakan salah satu wujud keberhasilan Staf Cimic Indobatt dalam menjalin kerja sama dan koordinasi yang baik dengan pihak G-9 Sektor Timurdan warga yang berada di Area Of Responsibily (AOR) Indobatt.

“Realisasi proyek ini merupakan bentuk kedekatan prajurit Indobatt dengan masyarakat di daerah operasi, dengan bantuan ini hubungan yang sudah terjalin antara masyarakat Tulinkhususnya dan masyarakat Lebanon Selatan pada umumnya dengan prajurit Indobatt dan prajurit UNIFIL lainnya tetap terjalin dengan baik”, kata Wadansatgas Indobatt.

Sementara itu, Mayor Desa Tulin yang disampaikan oleh wakilnya Mr. Fadhil mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak Indobatt dan Spanyol yang telah memberikan bantuan mesin penyaringan air, sehingga warga dapat memanfaatkan air yang ada untuk kebutuhan sehari-hari. Selain itu, Mr Fadhil juga mengutarakan rasa terima kasihnya atas perbaikan atap shelter kantor Baladiyah Desa Tulin.(puspen/r7)