D-ONENEWS.COM

Wagub Minta PPIH Bekerja Profesional Layani CJH

Surabaya,(DOC) – Para calon Jamaah Haji(


) Jawa Timur kloter pertama akan berangkat dari embarkasi Surabaya rencananya tanggal 9 Agustus 2016.
Wakil Gubernur(Wagub) Jawa Timur Syaifullah Yusuf meminta calon jemaah haji mempersiapkan diri dengan baik phisik maupun psichis supaya siap menghadapi adanya perubahan cuaca sewaktu-waktu, seperti tahun-tahun lalu.
Selain itu para Jamaah yang akan berangkat melaksanakan ibadah Haji, agar tidak usah membawa barang-barang yang sudah dilarang, dan jangan mau dititipi barang-barang apapun, misalnya obat kuat, atau makanan yang tidak perlu, yang penting membawa untuk kebutuhan diri sendiri, karena penjagaan akan lebih ketat.
Panitia Penyelenggara Ibadah Haji(PPIH) embarkasi Surabaya yang bertugas mensukseskan penyelenggaraan Ibadah Haji, khususnya pelayanan kepada jamaah haji, diwajibkan profesional dan akuntabel dengan mengedepankan prinsip keadilan, mengutamakan kepentingan jamaah haji, dengan prinsip nirlaba.
“Penyelenggaraan ibadah haji merupakan tugas nasional yang harus dilaksanakan oleh pemerintah. PPIH harus memberikan pelayanan kepada calon jamaah haji dengan amanah dan jujur,” ungkap . Gus Ipul panggilan Wagub, usai melantik PPIH embarkasi Surabaya, di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Senin (25/7/2016)
Gus Ipul menambahkan, Pelayanan jamaah haji yang dikoordinir kementerian agama semakin baik. Pelayanannya dari tahun ke tahun semakin kompak dan bersinergi. Selama ini direncanakan dengan baik, lebih-lebih fasilitasnya memang mencukupi. Selain itu antara jamaah dengan pengantarnya lebih tertib di tempatnya masing-masing. “Tidak ruwet. Keberangkatan sesuai jadwal, jadi tidak menumpuk,” tegasnya.
Sementara itu Kakanwil Kemenag Jatim Drs H Mahfud Shodar, MM mengutarakan, PPIH embarkasi Surabaya akan melayani 28.676 orang jamaah haji dari embarkasi surabaya, terdiri dari 27.323 orang dari provinsi Jatim, dari Bali 512 orang, dan dari NTT 521 orang, dan sampai hari ini paspor jamaah haji sudah terkirim di jakarta sebanyak 23.158 orang.
“Jamaah haji yang tergabung dalam Kloter pertama embarkasi surabaya yaitu jamaah yang berasal dari Kab Sumenep, yang akan masuk asarama haji 8 agustus pukul 10.00 Wib dan berangkat 9 Agustus pkl 10/30 WIB. Dan kloter terakhir (kolter 64) akan meninggalkan tanah air menuju tanah suci 5 September pkl 02.10 dini hari,” jelas Mahfud.
PPIH embarkasi Surabaya terdiri dari gabungan petugas Pemprov Jatim Kanwil kementrian agama Prov Jatim, Kanwil kementerian Hukum dan HAM, Dinas Kesehatan, Polda, kantor pengawasan pelayanan dan bea cukai Surabaya, kantor kesehatan pelabuhan kelas I Surabaya. Kantor otoritas bandara Juanda , PT Angkasa Pura, dan UPT Asrama Haji surabaya..(cn/r7)

Loading...