Walau Kalah Pilgub, PDIP Optimis Menang Pemilu 2014

Surabaya, (DOC) – Minimnya persentase perolehan suara pasangan Bambang DH-Said Abdullah pada pilkada Jatim menjadi tamparan hebat bagi PDIP, partai pengusung pasangan tersebut. Tak terkecuali DPC PDIP Surabaya.
Induk partai berlambang banteng moncong putih skala Kota Pahlawan ini awalnya pasang target Bambang-Said menang telah. Faktanya, pasangan tersebut tak signifikan mendulang suara di Surabaya, yang konon merupakan salah satu basis suara PDIP di Jatim.
“Gak komentar iku disik. Ngelu iki,” jawab Sekretaris DPC PDIP Surabaya Armudji, kemarin.
Kendati banyak pertanyaan dialamatkan ke ketua Komisi A ini, lagi-lagi Armudji menghindar. “Tanya ketua (DPC PDIP Surabaya Whisnu Sakti Buana) saja,” kata Armudji lagi seraya menghindar.
Salah seorang kader PDIP yang juga anggota DPRD Surabaya menilai karakter masyarakat Jatim berbeda dengan DKI serta Jateng. “Di Jakarta itu banyak warga pendatang yang jadi penduduk tetap. Di Jateng, suara orang yang dituakan masih di dengar. Di Jatim tidak demikian,” kata kader yang enggan disebut namanya ini.
Ketua DPC PDIP Surabaya Whisnu Sakti Buana menegaskan, hasil suara yang didapat pasangan Bambang-Said pada pilgub 2013 cukup signifikan dibanding perolehan suara pada pemilu 2009. “Khusus suara PDIP Surabaya pada pilgub Jatim 2013 naik signifikan. Itu (suara Bambang-Said) diterapkan untuk pemilu di Surabaya, maka PDIP akan dapat 11 kursi. Kalau pada pemilu 2009 di Surabaya, PDIP dapat 8 kursi. Ini kan menunjukan kenaikan,” kata Whisnu Sakti, kemarin.
Whisnu yang juga wakil ketua DPRD Surabaya ini menilai pilgub Jatim sebatas ajang pemanasan sekaligus konsolidasi partai menatap pemilu 2014.
“Pada pilgub, PDIP kerja sendiri. Lagipula pada pilgub yang dijual kan figur. Menilik hasil pilgub, kami optimis menangi pemilu tahun depan di Surabaya,” tukas WS, sapaannya.
Anak mendiang mantan Sekjen PDIP Soetjipto ini janji akan all out memenangkan PDIP pada pemilu tahun depan. Selain pilgub, alasan ini yang membuat WS tidak lagi nyaleg. (ist/r4)