Wali Kota Resmikan UPTD Griya Wreda

Tidak ada komentar 144 views

Surabaya, (DOC) – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meresmikan operasional unit pelaksana teknis dinas (UPTD) Griya Wreda. Kehadiran UPTD dibawah naungan Dinas Sosial (Dinsos) itu menjadikan Surabaya semakin ramah bagi kaum lanjut usia (lansia).
Griya Wreda yang beralamat di Medokan Asri Barat X Blok N No. 14 itu berdiri di atas lahan seluas 2.700 meter persegi. Dari segi bangunan, sekilas mirip penginapan. Kesan bersih, nyaman, dan rapi langsung terasa begitu memasuki gedung bekas mes kantor PU Bina Marga wilayah Surabaya Timur tersebut. Di halaman depan terdapat tiang bendera layaknya di kantor-kantor pemerintahan, sekaligus sebagai pembeda sebab Griya Wreda terletak di lingkungan perumahan.
Kepala UPTD Griya Wreda, Panandaka Chandra, mengatakan, kapasitas Griya Wreda mampu menampung 38 tempat tidur (bed) yang ada dalam 4 kamar. Dari keseluruhan jumlah bed, saat ini baru terisi 24 lansia.
Soal kriteria penghuni, Chandra menjelaskan, syarat utamanya yakni lansia usia diatas 60 tahun. Disamping itu, lansia yang miskin, terlantar, dan tidak punya keluarga mendapat prioritas pertama untuk tinggal. “Ini sebagai salah satu program pemenuhan dimensi kota ramah lansia yang telah ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dan program nasional khusus lansia,” imbuhnya.
Dikatakan Chandra, pelayanan yang diberikan meliputi kebutuhan sandang, pangan, papan, kesehatan. Di dalamnya mencakup kebutuhan makan tiga kali sehari plus snack, tempat tinggal yang nyaman dan kamar mandi, perawat, dokter, serta satu unit mobil ambulance yang siaga apabila ada lansia yang perlu dirujuk ke puskesmas atau rumah sakit.
Sementara Wali Kota dalam sambutannya, menyatakan, keberadaan UPTD Griya Wreda ini didasari rasa keprihatinan terhadap kondisi lansia sebelumnya di liponsos keputih. Pasalnya, sebelum UPTD tersebut berdiri, para lansia terlantar masih dijadikan satu lingkungan dengan penghuni liponsos lainnya yang notebene menderita psikotik. “Menurut saya, itu bukan penanganan yang benar. Lansia perlu ada tempat sendiri,” papar Risma -sapaan akrab wali kota-
Nah, dengan adanya UPTD Griya Wreda ini, lansia terlantar akhirnya mendapat tempat yang layak. Apalagi dengan fasilitas yang memadai, kualitas hidup lansia bisa lebih baik. Tak lupa, orang nomor satu di Pemkot Surabaya itu juga mengucapkan terima kasih kepada para tokoh masyarakat serta warga di sekitar griya yang turut mendukung. “Saya yakin keberadaan Griya Wreda di sini tidak akan membebani warga sekitar. Saya sudah berpesan kepada seluruh pegawai UPTD agar menjaga griya dengan sebaik-baiknya,” katanya. (r4)