Wali Kota Surabaya Sambut Rombongan Tour de Java

Tidak ada komentar 218 views

Surabaya, (DOC) – Rombongan tim Tour de Java tiba di Surabaya, Selasa (6/5). Kedatangan tim mobil listrik ITS yang terdiri dari dua mobil listrik yaitu Ezzy I dan Ezzy II, mobil sapu angin surya dan Lowo Ireng tersebut disambut langsung oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini MT di Tugu Pahlawan.
Sebelumnya, tim tour de Java ini berangkat dari ITS Minggu pagi (27/4/2014). Selanjutnya, rombongan dilepas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nasioal (Mendiknas) Prof Dr Ir Muhammad Nuh DEA di Jakarta bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, Jumat (2/5) lalu.
Kegiatan keliling Jawa ini berhasil menempuh jarak lebih dari 800 kilometer. Jarak tersebut terbagi menjadi lima etape, yaitu Jakarta-Bandung, Bandung-Banyumas, Banyumas-Yogjakarta, Yogjakarta-Mojokerto dan Mojokerto-Surabaya.
Dalam kesempatan tersebut, Risma mengungkapkan kebanggaannya terhadap perjuangan mereka. Karena itu, Tugu Pahlawan dipilih sebagai lokasi penyambutan. “Tugu Pahlawan merupakan simbol perjuangan arek-arek Suroboyo. Sehingga jika dikorelasikan dengan saat ini, sekarang tugu pahlawan juga telah menjadi saksi atas perjuangan arek-arek ITS mewujudkan mimpinya untuk bisa membuat mobil listrik,” ujar Risma.
Risma juga mengutarakan keinginannya untuk dapat memiliki mobil tersebut. “Saya mau yang merah (Ezzy II, red). Pokoknya saya yang pertama, jangan pindah ke lain hati dulu,” ujarnya kepada Rektor ITS, Prof Dr Ir Tri Yogi Yuwono DEA sembari tersenyum.
Sementara itu, Rektor ITS mengungkapkan rasa leganya akan keberhasilan keempat mobil ITS mengelilingi Pulau Jawa. “Kemarin, mobil-mobil itu dilepas oleh Sultan Hamengku Buwono X dan Menpora di Yogyakarta. Sekarang saya lega karena Molina sudah sampai di Surabaya dengan lancar,” katanya.
Walaupun telah sukses, tim Mobil Listrik ITS masih kan terus melakukan pengembangan. Rencanaya, selama dua hari Molina ini akan masuk ke dalam tahap revitalisasi untuk pengujian riset lebih lanjut.
Dalam kesempatan tersebut, keempat mobil juga turut dipamerkan. Ezzy I, Ezzy II, Sapu Angin Surya dan Lowo Ireng turut dipamerkan di hadapan para siswa SMK se-Surabaya. Hal tersebut diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada para siswa untuk memiliki mimpi dan mewujudkannya.
Arlian Heksa N. S., siswa asal SMKN 5 Surabaya ini mengaku senang bisa berkesempatan untuk hadir dalam prosesi penyambutan ini. Ia juga mengungkapkan rasa ketertarikannya terhadap mobil Lowo Ireng karya ITS. ”Karena bentuknya yang sporty,” pungkasnya. (r4)