Walikota Lantik 2 Direksi PDAM Diruang Kerjanya, Media Tak Boleh Meliput

Dirut PDAM Ir. Mujiaman Sukirno

Surabaya,(DOC) – Rekrutmen jajaran direksi PDAM Surya Sembada kota Surabaya yang digelar oleh Badan Pengawas (Bawas) BUMD, telah selesai dilaksanakan. Wali kota Surabaya, Tri Rismaharini, akhirnya memilih Ir. Mujiaman Sukirno sebagai Direktu Utama dan Ir. Dody Soedarjono sebagai Direktur Operasional.

Kedua orang direksi devinitive di BUMD tersebut, dilantik oleh Wali kota Tri Rismaharini, Jumat(16/6/2017) hari ini, bersamaan dengan pelantikan 97 pejabat dilingkungan Pemkot Surabaya, meski diruang yang terpisah.

Jika 97 pejabat setingkat camat, lurah dan staff di SKPD Pemkot, dilantik di ruang lobby Balaikota, namun dua orang direksi PDAM tersebut diambil sumpah jabatannya di ruang kerja Wali kota.

Prosesi pelantikan dijaga ketat oleh petugas Linmas dan berjalan tertutup tanpa boleh diliput oleh para awak media. Bahkan tidak semua pejabat Pemkot turut mengikuti prosesi tersebut.

“Coba tanyakan pak Khalid (Kabag Perekonomian,red) yang lebih tahu soal penyerahan SK walikota kepada direksi PDAM. Saya tidak ikut masuk ruangan,” ujar Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, M. Fikser.

Informasi yang dihimpun media ini, pejabat yang turut menyaksikan prosesi pelantikan jajaran direksi PDAM yaitu Sekertaris Daerah (Sekda), Bawas PDAM, Kabag Perekonomian dan para Plt. direksi PDAM.

Dirops PDAM Ir. Dody Soedarjono(kiri)

2 orang nama direksi PDAM itu, dipilih langsung oleh Wali kota setelah melihat hasil fit & proper test yang dilakukan oleh tim penguji. Namun sebelum dipilih, tim rekrutmen direksi PDAM tersebut, telah mengajukan 18 nama calon direksi lainnya yang telah mengikuti rangkaian test calon direktur utama dan direktur operasional, Kamis(15/6/2017) lusa kemarin.

Total calon direktur utama PDAM yang mengikuti test yaitu 8 orang dan 12 orang calon direktur operasional yang ikut proses rekrutmen. Fit and Property test dilakukan selama 4 hari, mulai Senin(12/6/2017) lalu.

Direktur operasional PDAM kota Surabaya, Ir. Dody Soedarjono, berasal dari internal PDAM. Sedang Mujiaman Sukirno direktur utama PDAM yang baru, selama ini bekerja diperusahaan pengelolaan air dikalangan perhotelan yang memiliki network international dan perusahaan waralaba asal Amerika.

“Memang Pak Dody berasal dari internal PDAM. Kalau Pak Mujiaman bekerja di Eco Lab berskala international,” ungkap Manajer Humas PDAM Surya Sembada Surabaya, Ari Bimo Sakti.(r7)