Walikota Emosi Program Roadshow Kesehatan Sepi Peminat

Surabaya,(DOC) – Roadshow program kesehatan di balai RW VI Wonokusumo, Kecamatan Semampir, Rabu (18/9/2013), yang melibatkan beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD) bertema “Keluarga Sehat dan Cerdas Lahirkan Generasi Kuat”, memicu kekecewaan Walikota Surabaya yang menyempatkan berkunjung dan memberi sambutan.
Dalam kesempatan tersebut, Walikota Tri Rismaharini langsung turun tangan memandu acara tersebut, dengan membawa wireless untuk mengatur petugas agar segera melayani warga miskin yang telah di undang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis.
Saat memberikan sambutan, spontan ia mengutarakan kekecewaannya terhadap panitia penyelenggara yang tidak bisa menghadirkan 500 undangan warga miskin di sekitar Kecamatan Semampir.
“Ini acara roadshow kesehatan untuk warga miskin kok mewah seperti ini. Lihat tendanya warna-warni, lengkap Elekton dan Penyanyi, ini yang membuat warga gak ada yang mau datang,” ujar Risma diatas mimbar.
Kekecewaan Walikota perempuan pertama di Surabaya juga bertambah, saat pihak kecamatan memamerkan penyediaan satu unit ambulance gratis untuk warga kecamatan Semampir, tanpa mengetahui nomer telepon ambulance jika dibutuhkan.
“Ada ambulance gratis kok gak tahu nomer telponnya, berarti selama ini tidak terpakai. Saya tidak akan turun dari mimbar, kalo nomer telepon ambulance tidak ketemu,” tegasnya.
Walikota yang terlihat sibuk mengatur dan menghampiri warga yang datang berobat gratis, juga sempat memerintah langsung petugas kelurahan dan Kecamatan Semampir untuk menjemput warga miskin agar mendapat pelayanan kesehatan gratis.
“Program roadshow kesehatan ini untuk warga miskin, sehingga panitia harus peka jika membuat acara. Jangan sampai mereka malah minder,” jelas Risma saat diwawancarai oleh sejumlah media.
Roadshow program kesehatan ini, akan dilakukan di tiap tiap Kecamatan selama 2 bulan sekali, untuk memberikan kemudahan masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan secara Gratis.
Walikota juga menyatakan, mulai sekarang, beberapa SKPD yang mempunyai tugas memberikan pelayanan masyarakat, seperti Dinkes, Bapemas KB, Dinas Pendidikan, Dispendukcapil, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Sosial, Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah (DPBT), Dinas Petanian, Dinas Koperasi dan UKM serta Dinas Pemuda dan Olahraga, akan ikut dalam roadshow program kesehatan yang akan diselenggarakan selama 2 bulan sekali. Harapannya masyarakat kurang mampu bisa mendapatkan pelayanan gratis terkait kesehatan, tenaga kerja, modal usaha hingga pengurusan data kependudukan termasuk akte lahir.
“Temuannya banyak di program roadshow ini, banyak siswa yang putus sekolah dan warga yang terkena ispa,” cetusnya. (r7)