Walikota Stop Kontrak Maspion di TOW

Tidak ada komentar 263 views

Bangunan mangkrak di depan Terminal Osowilangun

Surabaya (DOC) – Keberadaan bangunan mangkrak di area Terminal Tambak Osowilangun segera disikapi oleh Pemkot Surabaya. Bangunan bertingkat yang persis berada di depan terminal, telah lama mangkrak dan dinilai mengganggu estetika terminal TOW. Meski lama mangkrak, pemilik bangunan belum juga melakukan penyelesaian atas pembangunan gedung  yang berdiri lahan milik Pemerintah Kota Surabaya.

Menyikapi kondisi tersebut, Walikota Tri Rismaharini menyatakan bakal meminta kembali lahan yang diketahui digunakan Maspion tersebut. Menurutnya, saat ini tinggal menunggu masa sewa lahan yang akan berakhir sekitar 1-2 tahun ke depan.

Risma menegaskan, tidak akan memperpanjang kontrak atas lahan tersebut mengingat tidak ada payung hukum berupa persetujuan Menteri Dalam Negeri atas sewa lahan tersebut. Sehingga, katanya,  tidak ada pilihan selain pihak penyewa harus mengembalikan ke Pemkot tanpa syarat.

Risma juga menegaskan, Pemkot bakal membeli bangunan di atasnya bilamana pihak pemilik dalam hal ini Maspion menawarkan.

”Kita sudah nggk akan memperpanjang, Nanti bangunannya ya kita akan membelinya kalau perlu, nanti akan ada apraisal sebab gk bisa lagi kita memperpanjang sewa harus ada surat ijin Menteri sedangkan kita nggk punya,” ujar Risma.

Sebelumnya, kalangan DPRD Surabaya menyoroti keberadaan bangunan mangkrak di depan TOW. Dewan bahkan telah meminta Pemkot mengambil langkah tegas atas penyewa lahan agar segera melanjutkan proses pembangunan. Namun, hingga kini proses pembangunan tidak kunjung dilanjutkan .(K5/r3)