Walikota Surabaya Sumbang 500 Bibit Pohon

Tidak ada komentar 196 views

Surabaya, (DOC) – Sukses dengan perhelatan Gugur Gunung (G2) ke-1 (G2.1) hingga ke-3 (G2.3), ITS kembali menggerakkan kegiatan Gugur Gunung ke-4 (G2.4) yang dijadwalkan pada Sabtu, (3/11/2012).

Kegiatan yang merupakan bagian dari program Eco Campus ITS tersebut ditujukan untuk meningkatkan kesadaran akan lingkungan kampus dan sekitarnya.

Menurut Ketua Panitia G2.4, Tatas MT, Kegiatan akbar institusi ini nantinya akan melibatkan lebih dari 4.400 peserta. “Peserta ini terdiri atas lebih dari 4.000 mahasiswa baru dan 400 mahasiswa lama,” jelas Tatas.

Mahasiswa lama ini terdiri dari pengurus BEM, serta Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) mulai Siklus, Pramuka, Pecuk, Korps Sukarela (KSR), Menwa, dan KPPL TL. Selain itu, dilibatkan pula pimpinan dan dosen-dosen terkait.

Kegiatan G2.4 ini difokuskan pada aktivitas penanaman pohon, dan selanjutnya dilakukan perawatan dengan pembagian wilayah tanggung jawab masing-masing. “Nantinya akan ditanam sebanyak 3.150 bibit pohon dengan tinggi berkisar 1,5 hingga 3 meter. Pohon-pohon ini merupakan kerjasama ITS dengan mitra,” kata Tatas. Jenis pohon yang akan ditanam adalah pohon Nangka, Tanjung, Trembesi, Ketapang dan Nangka Belanda.

Bibit tanaman yang tersedia merupakan hasil sumbangan dari beberapa rekanan ITS yang turut serta, yaitu Semen Gresik, Bank Mandiri, Bank BRI, Pemkot, serta PT Panggung Elektronik. Bahkan ada juga sumbangan pribadi dari Wali Kota Surabaya Ir Tri Rismaharini berupa 500 bibit pohon setinggi 3 meter. Lima jenis bibit pohon yang diberikan Bu Risma masing-masing sebanyak seratus bibit pohon Bintaro, Spatudea, Mahoni, Trembesi dan Kupu-kupu.

Rencananya Risma akan dijadwalkan hadir di Gugur Gunung esok pagi. Sudah dipastikan insyaAllah Bu Risma akan datang jam 08.00 besok,” ungkap Tatas yakin.

Lokasi penanaman bibit pohon tersebut ada di 11 teritori ITS, antara lain di area parkir Robotika (terbagi dalam tiga wilayah), jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK), Teknik Geomatika, Desain  Industri (Despro), dua area separator (median) jalan sekitar kampus, Teknik Informatika, dan Gedung NASDEC. Penanaman dilakukan oleh lintas jurusan. (R9)