Wapres Hadiri HPSN di Taman Suroboyo, Menteri LHK Minta Daerah Lain Meniru Surabaya

Surabaya,(DOC) – Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional akan dilaksanakan, Selasa(28/2/2017) besok, di Taman Suroboyo Kecamatan Bulak Surabaya. Acara tersebut akan dihadiri oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK), didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar.

Acara utama event nasional yang semula akan di hadiri oleh Presiden RI Joko Widodo(Jokowi), yaitu kerja bakti massal dan membersihkan sampah di pesisir pantai.

Disela acara Gladi bersih peringatan Hari Peduli Sampah di Taman Suroboyo, Senin(27/2/2017), Menteri Siti Nurbaya menjelaskan ketidakhadiran Presiden RI Jokowi karena masalah waktu. Namun Presiden Jokowi mengaku pernah melihat kondisi Pantai Kenjeran Kecamatan Bulak Surabaya yang dianggap sangat bagus.

Bahkan Presiden sempat berkata, bahwa pantai Kenjeran Kecamatan Bulak sangat cocok dijadikan lokasi acara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional.

“Waktu saya laporan tentang kegiatan ini, beliau (Jokowi,red) sudah tahu kondisi Pantai Kenjeran dan bilangnya bagus,” ungkap Menteri Siti Nurbaya dilokasi acara didampingi oleh Walikota Tri Rismaharini.

Pesisir pantai Kenjeran Kecamatan Bulak Surabaya, menurut Menteri Siti Nurbaya, kondisinya memang sangat bagus dan terlihat bersih dari sampah. Ia meminta, agar seluruh pihak terus memelihara kebersihan.

“Di sini memang sudah rapi, nanti tinggal sistem dari rumah tangganya, supaya kebersihannya reguler, bukan karena dikeroyok,” imbuhnya.

Upaya Pemkot Surabaya dalam menata daerah pesisir, dinilainya sudah bagus dan benar. Untuk itu pemerintah memberikan apresiasi langkah maju Pemkot ini dengan menggelar Hari Peduli Sampah Nasional di Surabaya. Menteri Siti Nurbaya menyatakan, tujuan utama acara ini, agar daerah lain bisa meniru Surabaya.

“Tapi memang Surabaya itu sebagai kota pelopor bersama Makasar dan Depok. Semuanya tahu itu,” pungkasnya.(rob7)