Warga Empat Kecamatan Siaga Kelud

Tidak ada komentar 149 views

Surabaya, (DOC) – Warga di empat kecamatan yang lokasinya tidak jauh dengan Gunung Kelud, antara lain Ngancar, Kepung, Plosoklaten dan Puncu Kediri, sudah bersiap jika sewaktu-waktu terjadi erupsi Gunung Kelud. Meski demikian saat ini mereka masih beraktivitas seperti biasa. Selain menyiapkan tempat untuk evakuasi pengungsi, Pemkab Kediri telah menyiapkan tempat evakuasi ternak agar nantinya jika warga harus mengungsi tidak memikirkan ternak mereka. Tempat evakuasi yang disiapkan antara lain di Kecamatan Ngancar dan Kecamatan Wates.
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Senin (10/2) pukul 16.00 WIB, menaikkan statusnya menjadi Siaga (level III). Sebelumnya status Gunung Kelud adalah waspada (Level II). Direkomendasikan pendaki, wisatawan, dan masyarakat tidak mendekati puncak kawah Gunung Kelud.
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, Selasa (11/2) mengatakan, Kepala PVMBG telah melaporkan kepada Kepala BNPB terkait peningkatan status Siaga. Peningkatan aktivitas kegempaan vulkanik menunjukkan peningkatan dan didominasi oleh gempa vulkanik dangkal, gempa vulkanik dalam, data suhu air panas di Kawah Gunung Kelud dan pemantauan visual menunjukkan peningkatan.
Menurutnya, daerah yang berpotensi terlanda bahaya letusan Gunung Kelud pada Kawasan Rawan Bencana III (KRB III) merupakan kawasan yang selalu terancam awan panas, gas racun, lahar letusan, aliran lava, dan kawasan yang sangat berpotensi tertimpa lontaran batu (pijar) dan hujan abu lebat dalam radius 2 Km dari pusat erupsi. Pada radius 2 Km tidak ada permukiman.
Sedangkan pada Kawasan Rawan Bencana II (KRB II) merupakan kawasan yang berpotensi terlanda awan panas, aliran lava, dan lahar letusan, serta kawasan yang berpotensi tertimpa lahar hujan dan hujan abu lebat dalam radius 5 km dari pusat erupsi. Pada radius 5 km diperkirakan ada sekitar 100 jiwa penduduk. Masyarakat yang berada dalam KRB II untuk selalu waspada dan memperhatikan perkembangan Gunung Kelud yang dikeluarkan oleh PVMBG.
Deputi Penanganan Darurat BNPB, Tri Budiarto, telah melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Blitar, BPBD Malang, dan Pemda Kediri untuk menyiapkan rencana kontinjensi. BNPB akan melakukan langkah-langkah penanganan lebih lanjut bersama kementerian/lembaga dan pemda. Masyarakat dihimbau untuk waspada. (r4)