Warga Kendung Tak Butuh Pengiriman Mobil Tangki, Air PDAM Sudah Mengalir

Foto : Mobil Tangki Air Milik PDAM Surya Semabada

Surabaya,(DOC) – Ratusan rumah penduduk di wilayah RW 3 Kendung, Sememi, Benowo kini kembali bisa menikmati air bersih, setelah PDAM melakukan normalisasi distribusi air diwilayah Benowo dan daerah disekitar Surabaya barat.

H. Beny Handoko, Ketua RW 3 Kendung, mengatakan air PDAM sudah bisa tersalurkan kerumah warga sejak Selasa(8/8/2017) malam sekitar pukul 22.00 WIb.

“Warga sudah bisa mengisi tandon untuk persediaan sampai penuh. Kami tidak kesulitan lagi mendapat air bersih seperti sebelumnya,” ujarnya, Kamis(10/8/2017) pagi.

Pengiriman air tangki dari PDAM secara gratis kini sudah tak dibutuhkan lagi. Meskipun di siang sampai sore hari, debet air distribusi mengecil.

“Kalau siang atau sore memang tak mengucur. Kondisi ini sama persis dengan sebelum warga mendatangi kantor PDAM Senin(7/8/2017) lalu. Tapi tak masalah meski hanya mengucur malam kebutuhan air warga sudah terpenuhi,” ujar Beny.

Sementara itu, Ari Bimo Sakti, Manajer Sekretariat dan Humas PDAM Surya Sembada mengatakan, meski sudah tak dibutuhkan lagi, namun PDAM tetap menyediakan mobil tangki jika warga membutuhkan.

“Apabila warga masih membutuhkan kami tetap akan membantu pengiriman mobil tangki. Tapi karena air sudah mengalir warga tidak perlu lagi mobil tangki,” katanya.

Untuk normalisasi distribusi air PDAM ke warga Kendung, Benowo, PDAM telah memasang pompa pendorong di kawasan Made, Lakasantri.

Direktur Operasional PDAM Surya Sembada, Ir. Dody Soedarjono menjelaskan, penempatan pompa ini untuk mendorong tekanan penyaluran air bersih ke pelanggan agar dapat lebih lancar lagi. Sebelumnya PDAM juga telah memasang 1 unit pompa dengan kapasitas 5 liter/detik, sehingga kapasitas total pompa sekarang menjadi 10 liter/detik.

“Pompa di Made masih ujicoba. Kalau sudah tidak ada gangguan teknis lagi nanti ada pengaturan valve lagi sehingga Kendung lebih baik pengaliran airnya,” kata Dody.(rob)