Warga Wiguna Protes Penutupan Akses Jalan

Tidak ada komentar 530 views

Surabaya, (DOC) – Lantaran merasa dirugikan kebijakan Ketua RW, warga RT 05 RW 05 perumahan Wisma Gunung Anyar (Wiguna) Selatan, Kelurahan Gunung Anyar Tambak, Kecamatan Gunung Anyar, melalui pengurus RT mengadukan kebijakan ke lurah setempat. Ini terkait rencana pemasangan portal jalan umum atau protokol dalam wilayah perumahan Wiguna Selatan.

Dampak pemasangan portal tersebut, akses jalan keluar masuk warga RT 05 bakal terganggu. Surat pengaduan telah disampaikan kepada Lurah Gunung Anyar Tambak Djaelani pada Senin (19/11/2012).

Inti surat pengaduan tersebut, warga RT 05 keberatan rencana pemasangan portal jalan umum yang merupakan akses jalan utama bagi semua warga perumahan Wiguna Selatan. Itu dikhawatirkan akan timbul konflik diantara warga RT 05 dengan Ketua RW 05 beserta pengurus.

Pengaduan warga tersebut direspon lurah, pada Jumat (23/11/2012) malam diadakan pertemuan antara pengurus RT 05 dengan pengurus RW 05 di pendopo kelurahan untuk menyelesaikan masalah itu. Hasil pertemuan, pengurus RT 05, menilai Lurah Gunung Anyar Tambak Djaelani tak mampu menyelesaikan masalah bahkan terkesan menyetujui pemasangan portal jalan umum oleh Ketua RW 05 Wiguna Selatan.

“Kami pengurus RT 05 kecewa terhadap hasil pertemuan itu, karena Pak lurah tidak melarang rencana pemortalan jalan itu. Masalah ini akan kami bawa ke camat,” kata seorang tokoh warga RT 05.

Baik Lurah Gunung Anyar Tambak Djaelani dan Ketua RW 05 Wiguna Selatan Bambang Sutiarso, belum berhasil dikonfirmasi.

Camat Gunung Anyar Kanti Budiarti ketika dikonfirmasi, berjanji akan segera menyelesaikan masalah tersebut. “Secepatnya saya akan minta Pak lurah untuk menyelesaikan masalah ini,” katanya.

Aksi warga itu juga mendapat dukungan pengembang. PT Joyo Bekti Indah, melalui kuasa hukumnya Kantor Hukum Surya Yustisia telah mengirim surat somasi kepada Ketua RW 05 Wiguna Selatan. Surat somasi tertanggal 29 November 2012 yang ditandatangani 4 kuasa hukum, meminta kepada Ketua RW 05 Wiguna Selatan untuk membongkar portal. Itu merupakan perbuatan melawan hukum. Surat somasi serupa juga diberikan kepada Ketua RT 05 RW 04 Wiguna Timur. (r4)