Waspada 5 Penyakit Ini Saat Musim Hujan dan Banjir

Tidak ada komentar 95 views

Jakarta,(DOC) – Semua orang mungkin sudah mewaspadai banjir saat musim hujan. Tapi, apakah Anda sudah mewaspadai penyakit yang bisa datang saat musim hujan tiba? Ya, banyak penyakit yang bisa datang saat musim hujan dan banjir. Ini disebabkan karena bakteri penyebab penyakit banyak terdapat di air banjir. Bakteri-bakteri ini bisa saja menempel di makanan atau minuman yang Anda konsumsi.

Apa saja penyakit yang bisa muncul?

  1. Diare. Penyakit ini bisa disebabkan oleh kontaminasi bakteri pada makanan yang Anda makan. Kontaminasi bakteri pada makanan atau air minum Anda sangat mungkin terjadi pada musim hujan dan banjir. Diare terjadi saat Anda buang air besar lebih dari 3 kali dalam sehari dan konsistensi feses Anda encer. Mungkin ini merupakan penyakit ringan bagi Anda. Tapi jangan salah, diare yang dibiarkan atau tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan dehidrasi. Hal ini membuat kesehatan Anda semakin memburuk karena Anda mengalami kekurangan cairan tubuh dan nutrisi.
  2. Demam Berdarah (DBD). Hujan dan banjir membuat genangan air ada di mana-mana. Genangan air ini bisa menjadi tempat tinggalnya nyamuk DBD. Akibatnya, Anda pun mempunyai kemungkinan besar untuk terkena DBD. Hal ini tentu harus diwaspadai oleh semua orang. Oleh karena itu, disarankan agar Anda selalu menjaga kebersihan lingkungan saat hujan. Jangan sampai ada genangan air di dalam rumah. Juga, lindungi diri Anda dari gigitan nyamuk. Anda bisa menggunakan lotion antinyamuk atau obat nyamuk lainnya.
  3. Tipes atau demam tifoid. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Anda bisa terkena penyakit ini saat makanan atau minuman yang Anda konsumsi terkontaminasi dengan bakteri tersebut. Penyebaran bakteri S. typhi sangat mungkin terjadi pada saat musim hujan dan banjir. Untuk itu, diharapkan Anda selalu menjaga kebersihan diri Anda, selalu mencuci tangan sebelum makan, dan jangan jajan sembarangan untuk menghindari tipes.
  4. Leptospirosis. Leptospirosis disebabkan oleh bakteri leptospira. Penyakit ini bisa ditularkan oleh tikus melalui kotoran dan air kencingnya. Hiiii… jorok sekali ya. Pada saat musim hujan atau banjir, tikus-tikus banyak yang keluar untuk menyelamatkan dirinya. Sehingga, penyebaran penyakit ini semakin besar saat musim hujan dan banjir datang. Bila Anda luka dan terkena air banjir yang mengandung bakteri leptospira, maka Anda bisa saja mengalami leptospirosis. Untuk itu, janganlah bermain air banjir, terutama jika Anda punya luka.
  5. ISPA atau infeksi saluran pernapasan akut. Penyebabnya adalah bakteri dan virus. Bakteri dan virus ini biasa ditularkan dari udara yang tidak sehat, bersin atau batuk dari orang yang terinfeksi. Penyakit ini biasa menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Saat terserang ISPA, Anda biasanya mengalami flu biasa, batuk, demam, sesak napas, dan lainnya.(Author: Arinda Veratamala S.Gz)