Waspada Diabetes Jika Anda Mempunyai Gejala Ini

 Rubrik Penulis

Author: Arinda Veratamala

Jakarta,(DOC) – Apakah Anda mempunyai keturunan diabetes? Atau, salah satu anggota keluarga Anda ada yang mengalami diabetes? Jika pun tidak, belum tentu juga Anda tidak bisa mengalami diabetes. Ya, siapapun itu bisa mengalami diabetes, dari yang muda sampai tua. Banyaknya, orang yang mempunyai gula darah tinggi tidak sadar akan hal itu. Tapi, Anda bisa khawatir bahwa Anda mempunyai gula darah tinggi atau diabetes jika Anda memiliki tanda-tanda di bawah ini.

Sering buang air kecil

Orang yang punya gula darah tinggi biasanya akan lebih sering buang air kecil. Mengapa? Konsentrasi gula dalam darah yang tinggi membuat tubuh menyaring darah untuk menghasilkan urin lebih sering. Ginjal juga tidak bisa benar-benar menyaring darah karena konsentrasi gula dalam darah tinggi. Hal ini mengakibatkan masih ada gula dalam urin. Ini mengapa biasanya orang dengan diabetes mempunyai air kencing yang manis. Gula dalam urin juga membuat lebih banyak cairan yang tertarik ke luar tubuh. Orang dengan diabetes biasanya kencing lebih sering dan lebih banyak. Air kencing yang keluar bisa lebih dari 3 liter, normalnya 1-2 liter.

Sering merasa haus

Karena Anda sering buang air kecil, maka Anda juga akan merasa lebih haus. Cairan yang banyak keluar dari tubuh, harus Anda ganti dengan banyak minum. Namun, semakin banyak Anda minum, semakin banyak juga urin yang keluar dari tubuh. Siklus ini akan terus berlanjut. Selain merasa sangat haus, Anda biasanya juga merasa mulut menjadi kering.

Sering merasa lapar

Walaupun Anda sudah sering makan, namun entah mengapa Anda masih sering merasa lapar saat Anda diabetes. Orang dengan diabetes memiliki kadar gula darah yang tinggi namun gula dalam darah tidak seluruhnya bisa dipakai oleh sel sebagai energi untuk melakukan aktivitasnya. Akibatnya, sel masih merasa lapar dan kekurangan energi. Nafsu makan Anda menjadi meningkat.

Bagi Anda yang memiliki tanda-tanda seperti di atas, sebaiknya segera periksakan kadar gula darah Anda ke dokter untuk memastikan apakah Anda benar-benar memiliki diabetes atau tidak. Ingat, perhatikan pemilihan makanan Anda dan jangan lupa untuk berolahraga secara teratur.(Author: Arinda Veratamala)